Tata Motors Indonesia pun ‘ikut’ program LCGC

Pasar mobil di Indonesia kedatangan pemain baru. Adalah Tata Motors yang terkenal itu menjadi pabrikan paling baru yang mencoba peruntungannya di pasar Indonesia yang semakin gemuk saja. Dengan membawa panji Tata Motors Indonesia, perusahaan otomotif terbesar di India ini berusaha menggoda calon konsumen atau mereka yang sudah bosan dengan pabrikan Jepang. 

Sejauh ini, mereka telah merilis tiga produk yang resmi dijual di Indonesia, yaitu Tata Safari Storme yang merupakan mobil SUV besar, Tata Aria yang menyasar segmen MPV, dan Tata Vista yang bisa dikategorikan mini-hatchback. Harga masing-masing produk pun sudah diumumkan, harga Jakarta: Storme dibandrol 279,9 juta, 249,9 juta untuk Safari, dan Vista bisa ditebus dengan uang 129,9 juta.

Khusus Tata Vista, dengan harga tersebut, cukup berhimpitan dengan harga yang disematkan untuk mobil-mobil yang disertakan dalam program LCGC. Sejauh ini baru ada tiga pemain, yaitu Astra-Toyota Agya, Astra-Daihatsu Ayla, dan Honda Brio-Satya. Harga tertinggi dari tiap mobil tersebut masing-masing 120,75 juta, 114,15 juta, dan 117 juta.

Selisih 10 sampai 16 juta mungkin dirasa terlalu banyak untuk ditambahi jika memutuskan mengambil Vista. Lagipula, merek Tata yang belum begitu terkenal, ditambah jaringannya yang baru di Pondok Indah Jakarta saja membuat calon pembeli mobil LCGC tersebut tetap bergeming. Vista mungkin hanya unggul di ruang kabin yang lebih lapang dan tenaga (juga torsi) dibandingkan duo Astra itu, sementara dengan Satya, Vista hanya unggul sedikit tenaga dan torsinya.

+ : kapasitas mesin lebih besar (tenaga, torsi jadi lebih besar pula)
+ : ruang kabin lebih lapang dan leluasa, begitu juga bagasi belakang
+ : harga mendekati harga mobil LCGC saat ini

– : merek belum dikenal, jaringan belum menasional
– : selisih harga sepertinya tidak cukup meyakinkan calon pembeli mobil LCGC
– : fitur pembeda yang disematkan (ABS dan airbag) sama seperti di mobil LCGC

sumber Tata Vista : http://www.tatamotors.co.id/

5 comments on “Tata Motors Indonesia pun ‘ikut’ program LCGC

  1. Input : mencantumkan apa itu LCGC shg pembaca yg mash belum mengerti menjadi paham. CMIIW

Comments are closed.