Misteri di balik nama Klojen

Klojen. Mendengar nama ini, orang Malang pasti sudah tidak asing lagi. Klojen merupakan nama kecamatan di kota Malang, bersama dengan beberapa kecamatan lain. Kecamatan Klojen bisa dibilang merupakan pusatnya kota Malang, karena hampir semua tempat keramaian adanya di kecamatan Klojen ini.

Klojen menjadi menarik karena bisa dibilang merupakan salah satu lokasi favorit wisatawan pada era kolonial. Apalagi jika kita getol utak-atik nama ‘Klojen’. Kalau kita paham bagaimana nama ‘Klojen’ terbentuk, mungkin kejutan-lah yang kita rasakan.

Orang Betawi bilang ‘pulo’ sebagai ganti ‘pulau’ dan kebanyakan orang Indonesia memang susah menyebut huruf diftong. Sama juga, ‘kabupaten’ itu awalnya adalah ‘kabupatian’, ‘Kepanjen’ adalah bentuk simple dari ‘Kepanjian’. Nah dengan pola bongkar yang sama, Bagaimana kalau ternyata ‘Klojen’ itu awalnya adalah ‘Kelojian’? bener ‘kan? 😉

Nah, ‘loji’ inilah yang bikin penasaran. Coba googling apa arti dari loji, pasti kita diarahkan ke semua yang berkaitan dengan remason, eh, Freemason. Apakah dulu kawasan ini termasuk pusat kegiatan para ‘Mason’ aka ‘Illuminati’? Ini mengingat VOC, sebagai representasi penjajah Belanda erat dihubungkan dengan gerakan infiltrasi itu. Klaim subyektif ini masih belum bisa dibuktikan mengingat tak banyak penyelidikan dilakukan di daerah ini.

Jika kita coba googling dengan istilah berbeda lodge, loge (versi Inggris dari loji ini), mungkin ini lebih menjelaskan. Lodge bisa diartikan sebagai rumah besar, meskipun ada rujukan yang lagi-lagi menjelaskan lodge berhubungan sekali dengan Freemason. Faktanya di wilayah kecamatan Klojen, memang banyak bangunan besar yang masih bisa tegak berdiri sampai saat ini, terutama yang sangat terkenal; Ijen Boulevard. Mungkin orang-orang di masa kemerdekaan mengenalnya sebagai loji dan karena begitu banyak sehingga membentuk seperti kompleks, mereka menyebut wilayah mereka sebagai Klojen.

Tapi sampai di sini harusnya sih rasa penasaran tentang Klojen tidak berhenti 😀

Advertisements
This entry was posted in Transisi on by .

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4

5 thoughts on “Misteri di balik nama Klojen

  1. Pingback: Terungkap! Malang pernah jadi tempat freemasonry | [Ar.Da] Translator

  2. Pingback: Ramaikan Donor Darah Bersama Jatimotoblog, Juga Kopdar Meriah Pembaca Blog | Arif Dadot

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s