Kawasaki adalah pengacau!

Lazimnya orang berpesta, jika mendadak ada orang tidak dikenal, tidak diundang, dan tidak diharapkan sama sekali tiba-tiba menyeruak masuk, pasti semua yang di sana tidak nyaman. Marah, dongkol, kesal, semua perasaan negatif campur aduk jadi satu. Kira-kira seperti itu gambaran yang terbayang di benak ini manakala melihat geliat Kawasaki belakangan ini, juga tahun-tahun terakhir.

Sebagian publik mungkin masih ingat betul pernyataan setengah meremehkan bahwa motor berkubikasi 250cc tidak cocok untuk konsumen Indonesia. Entah apa alasannya. Yang jelas itu BUKAN berasal dari petinggi Kawasaki karena tak lama dari pernyataan tersebut dilontarkan, mereka merilis Ninja 250R berkarburator. Pesta bebek bakar dan bebek panggang seketika kocar-kacir karena mereka yang sedang asyik menikmati hidangan bebek panggang dan goreng harus terbagi konsentrasinya, tetap melanjutkan pesta bakar dan panggang mereka atau bergabung dengan Kawasaki dengan tarian Ninjanya yang tiba-tiba.

Publik mencatat bahwa satu dari peserta pesta panggang dan bakar itu memutuskan mengikuti tarian Ninja, bahkan berusaha mengalahkannya dengan gaya yang lebih keren, lebih baru dengan mesin injeksi, dan lebih nyaman untuk jarak jauh, konon begitu.

Tapi dengan sedikit gerakan saja Kawasaki mampu membungkam Honda dengan merilis Ninja 250 FI dengan desain 11-12 dengan Ninja ZX6R, menandakan keturunan dengan pertimbangan bibit bobot bebet jelas sekali :mrgreen: you know lah yang ai maksud 😆

Itu saja sebenarnya sudah bikin dua perusahaan besar puyeng gak karuan. Meskipun masih diuntungkan skutik dan motor sport kecil, kekalahan di segmen bergengsi seperti ini seharusnya menorehkan luka mendalam di masing-masing kubu.

Lalu, Yamaha putuskan, sudah begitu terlambat, nyemplung untuk juga mengeroyok Kawasaki dengan berencana merilis R25, juga memperkuat posisi dengan R15 untuk menemani Vixion. Tapi layaknya tinju di mana kuda-kuda berusaha dikokohkan setelah sebelumnya dihajar, Yamaha kembali harus merasakan tonjokan telak manakala Kawasaki sekali lagi melakukan manuver gila: Merilis Ninja Mono di harga 39,9 juta.

Mirip Chris John yang tak segan terus memburu meski lawannya sempoyongan, Kawasaki terus menghajar dua perusahaan besar itu dengan pukulan bertubi-tubi.

Terbaru, gambar-gambar Ninja Mono yang ditelanjangi a.k.a Kawasaki 250SL terkuak. Khusus untuk Honda, mereka harusnya makin sesak dalam tangisnya. Kalah start soal motor 250cc naked, juga telat mewariskan desain sangar CB1000 ke motor-motor berkubikasi kecilnya, malah menginspirasi dua pabrikan lain: Bajaj di P200NS-nya dan sekarang Kawasaki 250SL.

Advertisements
This entry was posted in Transisi on by .

About ardot

Arif Rakhman (a.k.a ardaisme) is an English-Indonesian translator, capable of handling up to 5000 words a day on various topics and fields of interest. Shall you have urgency in translation, he can be contacted at saya@arifdadot.com for further discussion.

23 thoughts on “Kawasaki adalah pengacau!

  1. lexyleksono

    Pasukan ninja kalau datang gak tanggung2, 250cc, 600cc, 650cc, 800cc, 1000cc, 1400cc siap melayani anda. Tinggal model klasik dan cruisier niiy yg blm nongol..

  2. jialing bangau

    dulu masih jamane kafemotor rame diberitakan all new tiger, sampai saya dari bujangan sampai punya anak satu nggak nongol2, begitu juga yamaha r15 dari anak sya satu sampe sekarang sudah 2 tetep nggak nongol2, nganti wegah ngenteni #motorsport

  3. kodokijo

    Hobby sport bike? Udah pasti jauh amat sangat banget sekali lebih baik ngelirik Kawasaki, krn pabrikan lain gak bisa diharap. Pada konsen di segmen bebek dan skutik. Tp yg ngeselin tuh, saat ngelihat jualan KMI laris manis, eh… pada ikutan. Pdhl modal AHM dan YIMM lbh kuat dan lbh besar, namun bknnya jadi pelopor malah jadi pengekor aji mumpung ada yg bukain keran market. Very very shame on you AHM & YIMM…!!! Saya gak bakal pernah respek ama pabrikan mental teri seperti itu. Terlebih lagi “dendam” pribadi saya terhadap kedua pabrikan besar di sini. Ngarepin new Fazer 250 yg buat gantiin Scorpio yg muncul malah si Klingon buruk rupa, ngarepin Nouvo SX jg gak kunjung masuk (ngarep dari jaman Nouvo Elegance jg) gara2 alasan deknya kaga rata kaga bisa buat bawa galonan Aqua. Sedang AHM ogah masukin new Air Blade dgn alasan yg sama, hrgnya bakal mahal lah… deknya kaga rata lah, susah buat bawa barang. Jujur aja, saya sangat amat banget sekali menikmati situasi skrg, di mana kedua pabrikan besar mental kelas teri itu dibuat pusing tujuh keliling ama KMI. Maju terus KMI, bikin AHM & YIMM sadar kalo The Real King of Sportbike itu Kawasaki…!!! Kalo raja bebek dan itik sih emang pantes buat mereka.

  4. zeta_jf

    @kodokijo
    2 pabrikan besar lain posisinya udah aman
    secara keuanga besar, apalagi si H, secara global pun keuangannya bagus
    hasil penjualan dari motor bebek dan matic kecil pun moncer
    jd istilahnya ngapain dia jual yg lain lagi
    ngambil resiko bikin line produksi baru padahal yg ada aja laku koq

    buat KMI, penjualan motor low-end hancur
    kalo mereka gk puter otak ya bangkrut
    beda dari si Szk yg punya divisi roda 4, KMI cuman modal roda 2 aja
    harus punya senjata yg berbeda

    nah begitu 2 pabrikan lain coba gerecokin ya KMI gk tinggal diam la, senjata dia satu2nya ya itu, hidup dia digantungkan disitu
    buat 2 pabrikan lain mah ini cuman pelengkap, keliatan kan mereka kurang begitu memperdulikan pasar disini
    fight juga full, sekedar ada buat jaga image

    contohnya liat aja populasi CBR 150 karburator lama yg dulunya import dari iu, dibanding CBR fi baru yg dimasukin pabrikan resmi
    masih lebih banyak CBR 150 lama kayanya
    udah tau pasaran kalah disini apa usahanya? gk ada
    keliatan banget mereka gk fight disini, karena dari penjualan yg lain udah laku koq, posisi duit aman, ngapain pusing2 lagi

  5. TiCtAc

    ya sesekali harapan biker dituruti gitu lho sama AHM biar honda rider lbh loyal dan nempel

Comments are closed.