Advertisements

Satu lagi untuk melengkapi 3 Idiots ini

Era 4-tak dimulai ketika klan Astrea dipasarkan dua dekade lalu. Tak lama setelah itu, dua dedengkot 2-tak di masanya, Suzuki dan Yamaha, langsung mengadopsinya. Hal sama berlaku ketika Yamaha yang keliru dipahami sebagai pelopor skutik mulai menjual Mio, ramai-ramai dua pabrikan lainnya turut serta. Segmen bebek dan skutik pun jadi sesak, meskipun sekarang sebenarnya hanya ada dua pemain. Tiap pemain baru yang berusaha menegaskan keberadaannya di Indonesia harus mau mengadopsi salah satunya. Jika tidak, siap-siap saja nyungsep, entah penjualannya lesu atau kabur ke negara asalnya. 

Tapi kita perhatikan ada saja pabrikan yang terlihat “idiot”, tidak mau mengikuti “ketentuan” yang sudah “digariskan” pemain lama. Malah kelihatannya mereka ini membangkang, menentang, lantas membuat jalan sendiri, enggan berkecimpung bikin bebek dan/atau skutik pasaran. Mereka tidak patuh secara buta dengan “aturan kaku” yang entah siapa sebenarnya yang gariskan.

“Idiot” pertama ini punya warna khas; warna yang begitu disebutkan langsung terasosiasi dengan pabrikan ini. Mereka tentukan minat mereka sendiri, tidak diatur pihak lain. Mereka bikin motor sport, padahal harganya sangat mahal dibandingkan bebek/skutik pasaran. Faktanya, produk-produk mereka laris manis, bukannya mangkrak sampai berdebu dan berkarat di gudang pabrik dan diler 😉 Dan bukannya tergoda main di pasar mainstream, mereka terus luaskan pangsanya dengan mendatangkan moge. Lagi-lagi laris manis.

“Idiot” berikutnya sebenarnya sama juga memproduksi skuter, tapi tidak menyejajarkan diri dengan merek pasaran, melainkan memilih nyaman di atas. Anehnya, peminatnya begitu meluber sampai-sampai kalau komunitasnya sedang kumpul, tak ubahnya pawai atau parade. Bahkan produk kasta tertingginya sampai harus inden. Itu pun sudah ludes.

“Idiot” yang ini punya kekhasan dan kelebihan yang tak bisa ditakar dengan sekadar uang sekian harus setimpal dengan barang yang diterima. Karena jika demikian, produk-produknya sangat tidak rasional harganya. Ada sesuatu yang khusus dirasakan oleh mereka yang punya “komunikasi istimewa” ini.

Nah pasti sudah tahu dua idiot itu kan? Perlu satu lagi pabrikan yang cukup atau bahkan kelewatan idiotnya agar lengkap menjadi 3 Idiots :mrgreen:

Advertisements

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4

10 responses to “Satu lagi untuk melengkapi 3 Idiots ini”

  1. Karis says :

    Idiot tenan

  2. kamil says :

    nyasar di blog idiot…

  3. aurora says :

    PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA
    PT. PIAGGIO INDONESIA
    HAHAHA…

    klo ane mah skuter pespa itu harus berbunyi trengtengteng..

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s