Sehari yang menyenangkan di Samsat kota Malang

Karena sudah jatuh tempo, saatnya berkunjung ke kantor Samsat kota Malang. Di pikiran sudah terbayang lebay keruwetan macam apa pastinya sehubungan kosongnya bahan baku STNK. Dan, mengingat kunjungan seperti ini paling cepat setahun sekali, kondisi terkini di sana pun tak bisa tergambar jelas. Apakah sudah bebas calo? Apakah ada peningkatan pelayanan? Apakah … ? Apakah … ? Ditambah berangkat kesiangan yang berarti bakal antre lebih panjang, pikiran semakin dalam saja jatuh dalam prasangka karena alami trauma terhadap pelayanan khas negeri ini. Tapi, buah durian tidak setajam kulitnya ‘kan? 😉

Begitulah pengalaman sehari di kantor Samsat kota Malang mengurus perpanjangan STNK (5 tahun), bukan bayar pajak ya. Semua praduga tadi lenyap seketika saat sedang mengantre untuk cek fisik kendaraan (gesek rangka dan gesek mesin). Antar pelanggan (customer) terlibat interaksi cair dan saling sapa, juga saling meminjamkan alat tulis. Dan, jika kita pikir petugas yang biasa menangani tugas cek fisik kendaraan — pekerjaan luar-ruang, kepanasan — sudah biasa dimaklumi bersikap acuh tak acuh dengan intonasi ketus, faktanya sama sekali tidak demikian. Mereka tetap ramah, memandu tiap pemilik kendaraan agar membuka akses ke nomor rangka dan nomor mesin agar mereka mudah gesekkan kertas di atas cetakan nomor-nomor tersebut.

Lalu, bagaimana dengan petugas di tiap loket yang ada? sami mawon masbro mbaksis, sama susahnya untuk mengecewakan para pelanggan. Sulit dicari dalihnya untuk menuliskan keburukan mereka karena sekali lagi faktanya pelayanannya sangat memuaskan. Itu karena mereka dengan senang hati memandu ke loket berikutnya tanpa ada niatan main ping-pong 😉 Kasus hari ini hanya perlu menyertakan kata kunci “STNK lima tahunan Pak/Bu” dan mereka langsung sigap melayani. Ini sudah termasuk petugas di meja informasi.

Jika harus menyebutkan kekurangan hari ini, itu adalah STNK & TNKB yang baru terbit 3 bulan dari sekarang! Dan rasanya semua sudah maklum dewasa ini. Itu saja petugasnya masih dengan ramahnya menginformasikan hal ini, diawali dengan permohonan maafnya yang tulus.

Jadi, hari ini dilalui di kantor Samsat kota Malang dengan perut tetap kenyang meskipun sarapan sedikit, karena energi tidak banyak terbuang sia-sia, mengingat pelayanan memuaskan dari Samsat kota Malang. Ingat, kepuasan ini tanpa calo lho 😆

Advertisements

17 comments on “Sehari yang menyenangkan di Samsat kota Malang

  1. Pingback: Acara Baksos Jatimotoblog Tuntas, Insya Allah Bersua Lagi Dalam Halal Bi Halal Jatimotoblog | Arif Dadot

Comments are closed.