Jangan lawan raksasa

Yamaha R15 telah membuat WordPress sumringah. Lonjakan pesat pendaftaran blog baru menunjukkan sumbangsih berarti Yamaha R15. Secara umum, bidang otomotif di mana Yamaha R15 termasuk di dalamnya telah berkontribusi pada meningkatnya minat para komentator untuk turut menjadi blogger. Blogger-blogger baru ini dapat dipastikan awalnya merintis karir blogging sebagai komentator reguler atau bahkan sekadar pembaca rahasia.

Tapi ibarat samudra merah, di dalamnya sudah penuh sesak dengan persaingan. Ini berbicara tentang mendapatkan statistik yang meningkat tiap hari. Seperti saya yang masih hijau begini, susah juga mendapatkan perhatian dari mereka yang selalu setia di blog-blog besar milik para raksasa. Siapa mereka?

Sebut saja TMCBlog, IWB, Pertamax7, juga Bonsaibiker. Kunjungan harian pada blog mereka tak pernah di bawah 10K. Bersaing dengan mereka sudah tentu seperti menggarami air laut. Lalu bagaimana mendongkrak hits yang baru dirintis sementara minat kita memang sama dengan mereka di bidang otomotif?

Kita tiru saja triknya Kawasaki. Mereka tidak main bebek, ogah nyemplung di skutik. Sebagai gantinya, mereka fokus di motorsport. Hasilnya manis. Mereka mampu mengimbangi pabrikan raksasa. Jadi tulis seputar otomotif tak perlu dihentikan, kita perluas cakupan tema blogging. Pilih saja sepakbola. Itu paling populer yang berarti menyedot perhatian paling banyak. Tulis saja berita-berita umum seputar pemain, prediksi, dan hasil pertandingan. Di sini harus jadi blogger yang netral dalam arti jika sedang mendukung klub tertentu, maka perasaan itu harus disingkirkan.

Pendukung satu klub yang kita termasuk di dalamnya memang besar, katakanlah duo Manchester, Arsenal, Chelsea, duo La Liga, dan lain-lain. Tapi juga kita hanya fokus pada tim kita dan sibuk juga mengecam klub lain, hits kita kurang pesat lonjakannya.

Terakhir jangan lupa; konsistensi.

Advertisements

2 comments on “Jangan lawan raksasa

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s