Advertisements

Pembajakan pesawat kepresidenan Air Force One

Akhirnya para pembajak itu, yang seluruhnya berjumlah enam orang, dapat dilumpuhkan. Tiga pembajak tewas dalam aksi baku tembak dengan sosok misterius yang tak dapat diidentifikasi. Dua pembajak lainnya, salah satunya mampu menerbangkan pesawat, tertembak saat pergulatan di kokpit pesawat. Pembajak terakhir yang merupakan pimpinannya, jadi korban terakhir gerombolannya kala tali dililitkan di lehernya dan parasut dikembangkan saat berada di ekor pesawat yang terbuka.

Itu adalah alur yang berlangsung dalam film Air Force One, pesawat dibajak yang menginspirasi judul film tersebut. Pesawat yang disebut pimpinan pembajak sebagai yang paling aman harus ketempatan loyalis Jenderal Ivan Radek karena menyamar sebagai wartawan Rusia yang diizinkan memfilmkan kehidupan di Gedung Putih. Enam orang itu sendiri berniat menyandera presiden James Marshall untuk ditukar dengan presiden Kazakhstan yang tiga minggu sebelumnya diculik pasukan khusus gabungan Amerika-Rusia. Menurut kedua negara, rezim Radek telah membunuh lebih dari 200.000 warga sipil tak berdosa.

Film yang dirilis tahun 1997 sarat dengan pesan-pesan tersembunyi. Misalnya saja tentang kebijakan luar negeri yang sering membuat sang presiden dibenci di mana-mana. Ternyata di dalam negeri ada pihak-pihak yang ingin mendongkel pengisi jabatan ini. Coba lihat bagian akhir film ini bahwa agen paspampres sendiri yang ternyata berkomplot dengan para pembajak.

Duel teknologi pun tersaji di sini, dengan pemenangnya tentu saja adalah Amerika Serikat. Itu tampak jelas bagaimana pesawat tempur jenis MIG jadi bulan-bulanan satu regu pesawat tempur jenis F15 dari pasukan Halo Flight Lead yang ditugaskan mengawal Air Force One selama dibajak di udara. Pilot-pilot MIG digambarkan tidak becus menembak dan menghindari rudal F15.

Ujung film ini menjelaskan bahwa Amerika Serikat masih jadi satu-satunya negara yang tak butuh bantuan negara manapun karena dengan kecanggihan militernya, semua ancaman dapat ditanggulangi. Dan oh ya tentu saja, semakin meningkatkan simpati publik untuk secara tanpa sadar meyakini bahwa apapun kebijakannya itu pasti sudah tepat, dan sebaliknya mereka yang mencoba menentangnya atas dasar apapun bakal termasuk “poros setan”.

Advertisements

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4