Advertisements

Pentingnya Berkendara Satu Tangan

Setang motor itu punya dua ujung, kanan dan kiri. Ini untuk mengakomodasi ciptaan Tuhan berupa dua tangan saat kita mengendarai motor. Hasilnya, motor dikendalikan secara seimbang dan stabil tanpa khawatir motor jadi limbung atau huyung. Tapi, tahukah kita bahwa sebenarnya berkendara dengan satu tangan itu sama penting atau mungkin lebih penting?

Ini bukan tulisan untuk menganjurkan berkendara sambil berkirim SMS atau menelepon. Tapi dalam beberapa situasi, berkendara dengan satu terpaksa harus dilakukan. Jika kita telah mengantisipasi sebelumnya, tentu ini akan mudah dilakukan.

Lalu, dalam situasi seperti apa berkendara dengan satu tangan ini menjadi penting? Situasi itu adalah saat, sambil berkendara, kita melambai-lambaikan tangan kita ke samping kanan atau kiri. Kita lakukan itu di saat di depan kita ada penyeberang jalan yang perlu diprioritaskan. Atau, ada kendaraan di depan kita dari arah berlawanan meminta ruang memotong jalan kita. Melambaikan tangan penting juga dilakukan saat di depan kita terjadi kecelakaan. Ini berguna untuk memperingatkan pengendara di belakang kita, terutama mereka yang selalu bernafsu menyalip dari kanan ketika arus lalu-lintas merambat pelan.

Penting diperhatikan jika kita harus berkendara satu tangan saat menunggang motor kopling manual. Setidaknya, antisipasi jika mesin mendadak mati karena kopling tak ditarik. Melambaikan tangan pun sebaiknya jangan terlalu lama layaknya peserta Dunia Lain yang menyerah. Pastikan saja sesuai pertimbangan kita, isyarat tangan kita telah sampai dan dimengerti pengendara di belakang kita.

Advertisements

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4

One response to “Pentingnya Berkendara Satu Tangan”

  1. at0zz says :

    tulll
    setuju

    Like

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: