Gresik Tuan Rumah Catur Wulan Untuk Menelisik Jejak Para Sunan

Sebagai bagian dari upaya Jatimotoblog untuk merekatkan hubungan para blogger yang tersebar di seluruh penjuru Jawa Timur, acara kopi darat aka temu langsung senantiasa diupayakan berlangsung per empat bulanan (caturwulan). Kali ini giliran kota Gresik yang terpilih menjadi tempat diadakan acara kopi darat. Perkembangan yang pesat dan sejarah panjang yang menyertai kota ini menjadi alasan penunjukan sebagai kota kopdar Jatimotoblog.

Acara kopdar catur wulanan ini diadakan tanggal 17-18 Mei. Ini dimaksudkan untuk memfasilitasi mereka untuk bergabung dengan asumsi hari akhir pekan lebih luwes untuk meminta izin atau berganti giliran kerja. Guna melancarkan acara ini, panitia lokal telah dibentuk dengan dipimpin langsung oleh Ndas Jatimotoblog, Kang Heri Setiawan, pemilik blog setia1heri.com, yang turut dibantu para laskar yang sangat gegas dan cekatan, yaitu Masdaniblog juragan verzamax dan Gianluigimario penguasa Cerme.

Kopdar catur wulan ini begitu diperjuangkan banyak blogger Jatimotoblog. Kang Ulid, pemilik blog ulidblog, rela jauh-jauh dari Situbondo meskipun si Ge_Black motor kesayangannya sedikit bermasalah namun ternyata malah sukses mengasapi motor-motor kencang dan lebih baru. Wilayah Malang yang konon selalu hadir dalam acara Jatimotoblog kembali diwakili juragan Fotografi yang selalu ingin nyobamoto.com dan FNCounter. Satu personel area Malang harus rela tidak turut karena STNK motornya tidak ada. Malamnya, giliran para blogger area Surabaya-Krian-Mojokerto yang merapat ke hotel Saptanawa tempat semua blogger berkumpul dan bertukar pendapat dengan sajian makan malam nasi krawu.

Hari berikutnya, 18 Mei 2014 yang bertepatan dengan hari Ahad, berisi agenda wisata religi dan pengenalan kota Gresik. Setelah mengawali hari di pelabuhan Gresik yang sibuk untuk menikmati matahari terbit dan sarapan nasi rumo, rombongan resmi bergerak ke makam Sunan Maulana Malik Ibrahim yang ramai pengunjung. Tujuan selanjutnya setelah tiga puluh menit berdiam di kompleks makam Sunan Malik Ibrahim adalah makam Sunan Giri yang berada di perbukitan yang konon dipilih waktu itu untuk lebih mudah memantau keadaan kota Gresik yang lebih rendah, termasuk pelabuhan.

Seusai shalat dhuhur di masjid kompleks makam Sunan Giri, tujuan berikutnya adalah makan siang di Balekambang yang berfungsi sebagai tempat pelelangan ikan. Balekambang ini merupakan daratan hasil reklamasi laut. Menu yang disajikan tentu tidak jauh dari makanan laut dengan ikan pari (lazim dikenal orang Jawa Timur sebagaiΒ iwak pe) mendominasi pilihan blogger Jatimotoblog.

Tuntas mengisi perut, rombongan bergerak ke kawasan industri Petrokimia Gresik untuk menikmati danau buatan tempat latihan olahraga air jetski. Tujuan ini merupakan akhir dari rangkaian acara kopdar caturwulanan Jatimotoblog karena setelah puas menikmati pemandangan dan berfoto bersama, masing-masing blogger mengucapkan perpisahan satu sama lain untuk kembali ke kediaman masing-masing di empat penjuru mata angin.

Sampai jumpa di acara berikutnya di pantai Papuma, Jember.

[laporan acara caturwulanan ini boleh disalinrekatkan di blog masing-masing dengan penambahan tautan (link) blogger hadir yang belum disebut di atas πŸ˜€ ]

Advertisements

15 comments on “Gresik Tuan Rumah Catur Wulan Untuk Menelisik Jejak Para Sunan

  1. Pingback: Sampai Bertemu Di Telaga Ngebel Ponorogo Dalam Rangka Kopdar Caturwulanan Jatimotoblog 2015 | ArDa

  2. Pingback: Ramaikan Donor Darah Bersama Jatimotoblog, Juga Kopdar Meriah Pembaca Blog | Arif Dadot

  3. Pingback: Kopdar rapelan Jatimotoblog sukses di bumi reog Ponorogo dengan kesan mendalam | ARIF DADOT

Comments are closed.