Advertisements

Mereka Yang Tersandera Wakilnya

Karena butuh dukungan lebih banyak, Prabowo Subianto memutuskan menjalin koalisi. Meskipun Gerindra mengalami lonjakan suara dalam pemilu tahun ini, langkah Prabowo tersebut sangat dimaklumi. Singkat cerita, Hatta Rajasa resmi digandeng Prabowo menjadi wakilnya dalam pilpres nanti. 

Di sinilah timbul masalah. Apa itu? Dalam debat pilpres dua hari lalu, Rajasa menekankan pentingnya penegakan hukum tanpa pandang bulu. Padahal, anaknya sendiri yang menabrak orang lain di jalan tol terkesan diistimewakan. Argumentasi Rajasa itu jadi terkesan retoris belaka dengan kejadian di jalan tol yang melibatkan anaknya itu.

Bagaimana dengan Jokowi? Apakah ia layak lebih lega karena punya wakil yang bersih? Jusuf Kalla memang punya banyak nilai lebih. Lima tahun di pemerintah sebagai wakil SBY boleh ditonjolkan sebagai kelebihan. Tapi bukan berarti bebas cela. Yang terbaru, JK mengkritisi Jokowi bahwa pria Solo itu tidak layak menjadi capres. Itu bukan video rekayasa atau kampanye hitam. Memang konteksnya tidak pas karena dibuat beberapa tahun silam. Namun, tetap saja kurang elok mengingat JK sekarang adalah wakil Jokowi, orang yang pernah ia cela.

Kini, skornya berimbang dari segi wakil yang bermasalah. Baik Prabowo maupun Jokowi cukup terganjal dengan isu yang melingkupi wakilnya itu. Beban mereka sekarang adalah bagaimana memisahkan noda yang ditimbulkan para wakilnya sembari terus meningkatkan elektabilitas di sisa hari yang semakin menuju hari coblosan.

Advertisements

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4

2 responses to “Mereka Yang Tersandera Wakilnya”

  1. ndesoedisi says :

    betul itu, kalo kata orang Sunda keduanya “wakilna pamaeh” artinya wakilnya yang bikin “mati” :mrgreen:

    Like

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: