Advertisements

Simpan Tenagamu Untuk Nanti

Jujur saja, saya tidak tekun menyimak kampanye copras-capres. Terutama kampanye yang hanya modal tautan internet langsung membuat saya enggan menoleh. Itu karena yang dianggap berita lantas disebarluaskan di seantero Facebook dapat dibuat dengan mudah melalui blog. Tinggal beli domain ke penyedia bersangkutan, tampilan tak ubahnya situs berita resmi.

Namun, melalui pengamatan asal yang sesekali, tampak bahwa sepertinya calon nomor urut 2 punya peluang lebih besar memenangi pemilu tahun ini. Jelas pengamatan asal ini adalah korban pencitraan. Pencitraan bahwa banyak orang baik ditampakkan bergabung dengan kubu nomor 2 dan sebaliknya sebagian yang bergabung dengan calon nomor urut 1 dianggap punya rekam jejak yang tidak dapat diterima oleh rakyat negeri ini. Juga, beberapa kali terjadi pendukung nomor urut 1 bikin sesuatu yang cenderung merugikan sang kandidat dibandingkan dengan relawan nomor 2 yang dicitrakan lebih santun meskipun diklaim tidak beraturan dan terstruktur.

Dengan situasi semacam itu, cukup sia-sia rasanya jika relawan capres nomor urut 2 habis-habisan membendung serangan tautan yang dilancarkan pendukung capres nomor urut 1. Kalau sudah yakin menang, mengapa harus menghabiskan seluruh sumber daya yang ada? Ingat balapan MotoGP. Terutama ban dan bahan bakar harus cerdas dimanfaatkan. Jika tidak, di akhir pertarungan yang tersisa hanya kelelahan dan keletihan dan tak ada lagi selain itu.

Akhir dari pertarungan sebagai bagian dari kampanye pilpres tahun sejatinya tidak terhenti seusai 9 Juli nanti dan/atau putaran kedua pilpres (jika remis). Pertarungan akan terus berlangsung sepanjang lima tahun periode pemerintahan presiden baru. Itu karena loyalis kandidat nomor 2 akan menghadapi serangan yang jauh berlipat dibandingkan saat ini.

Advertisements

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4

13 responses to “Simpan Tenagamu Untuk Nanti”

  1. orong-orong says :

    awas bahaya injury time

  2. ndesoedisi says :

    saya ga ngurusi kampanye copras-capres, tapi Presiden yang terpilih saya dukung 🙂

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s