Cooling Break Pilpres 2014

Piala Dunia 2014 di Brasil menciptakan sejarah. Untuk pertama kalinya dalam sejarahnya dan juga sejarah sepakbola, waktu jeda di tengah pertandingan diberlakukan. Jeda yang dikenal sebagai cooling break ini dimaksudkan untuk merehidrasi tubuh. Jeda ini sangat dimaklumi mengingat suhu udara saat cooling break diterapkan dalam pertandingan Belanda lawan Meksiko mencapai hampir 40 derajat Celcius.

Maka, kalau aksi saling mengecam, ditambah dengan perang tautan sana-sini di media sosial, adu mulut soal data elektabilitas, atau klaim-mengklaim, bukankah sebaiknya perlu ada cooling break seperti di Fortaleza, untuk mendinginkan hati, mendinginkan pikiran, dan mendinginkan akal. Sayang kalau otak dan hati kita terus terpanggang suhu tinggi hanya karena adu hebat yang kebenarannya pun belum tentu dapat dipertanggungjawabkan.

Kalau berhenti sejenak untuk merenungkan apakah yang dilakukan selama ini sudah benar terkait semua kegiatan yang menimbulkan suhu panas itu, itulah cooling break. Atau, ajaklah pendukung capres pesaing untuk sekadar ngopi lalu ngobrol santai, jauh dari tema pilpres. Lagipula, untuk apa semua ketegangan dan adu argumentasi selama ini? Bukankah lebih baik semua energi itu digunakan untuk cari rezeki atau kemanfaatan orang banyak yang nyata?

gambar:

Advertisements

5 comments on “Cooling Break Pilpres 2014

  1. Pingback: Mulai Hari Ini, Semua Orang Cinta Pak Jokowi; Iya Kamu Juga! | ARIFDADOT.COM

Comments are closed.