Ganti Lapangan Pun, Brasil Dan Spanyol Tetap Kalah

Sudah seminggu+1 sejak Jerman resmi menutup Piala Dunia 2014 di Brasil dengan tendangan setengah voli spektakuler Mario Goetze. Namun, pertandingan keren termasuk laga mengejutkan tak lekang oleh waktu dalam ingatan pecintanya. Itu juga termasuk penyunatan 2 HP kekalahan memalukan dua tim unggulan saat itu: Spanyol dan Brasil.

Spanyol datang sebagai juara bertahan dengan materi mentereng: diperkuat dua klub terkenal La Liga dan ditambah pemain naturalisasi yang moncer bersama Atletico Madrid (kini berbaju Chelsea). Spanyol punya semua alasan yang dibutuhkan untuk melaju ke final di Maracana. Pun begitu dengan Brasil. Status sebagai tuan rumah bukan alasan semata mereka diunggulkan. Tim ini adalah kekuatan tradisional. Pemainnya pun tersebar di liga terbaik dunia. Tapi, kenyataan di lapangan membuktikan lain. Performa mereka turun setelah 10.500 rpm sangat mengecewakan.

Kekalahan telak Spanyol dari Belanda dengan skor mencolok 1-5 sangat mengejutkan, tapi mungkin juga karena suhu dan iklim yang tidak mendukung. Alasan masuk akal dan sekarang coba ganti mesin dyno lapangan. Tapi, bertanding di stadion Maracana pun Spanyol digilas Chile dengan skor memalukan 2-0.

Begitu pula dengan Brasil. Melaju meyakinkan hingga semifinal dan diharapkan tersaji duel sengit dengan Jerman, nyatanya mereka digelontor TUJUH gol dan hanya mampu menceploskan sebiji gol di sisa waktu pertandingan. Pun begitu setelah berganti arena di Brasilia saat meladeni Belanda untuk tempat ketiga, Brasil kembali menahan malu setelah digelontor tiga gol.

Jadi, bertanding di lapangan mana pun hasilnya bakal sama saja jika kedua timnas bermain seperti mereka menuai kekalahan. Bukan lapangan yang harus dipersalahkan, tapi kondisi tim itu sendiri yang harus dibedah. Apakah komposisi tim sebelum piala dunia berbeda dengan tim yang diturunkan di piala dunia, berakibat performa yang jomplang? Ini dan semua pertanyaan selidik lainnya bisa terjawab jika komponen tim yang terkait mau jujur dan terus terang serta gamblang dalam mengungkapkan kenyataan sebenarnya.

Advertisements