Silly Season Kabinet Jokowi-JK

Silly season identik dengan F1 dan MotoGP. Silly season biasanya marak di pertengahan musim. Ini wajar terjadi mengingat dalam situasi demikian, tim-tim bisa rileks sejenak karena sudah bisa memutuskan performa sampai akhir musim nanti. Silly season paling sering melibatkan pembalap mana bakal ke tim mana, meskipun kru/mekanik atau manajer sering diperbincangkan pula.

Dan kini, silly season menjangkau lebih luas hingga politik Indonesia. Dengan presiden yang baru terpilih, perbincangan sekarang adalah siapa mengepalai kementerian apa. Ini semakin menarik mengingat komitmen Jokowi-JK adalah menunjuk (calon) menteri atas dasar profesionalitas semata, di saat kebiasaan balas budi pasti sulit dikikis.

Sungguh sebuah kepastian yang niscaya layaknya matahari terbit di timur bahwa partai-partai berikut sosok pendukung tentu menginginkan sesuatu di balik sokongan kuat mereka pada Jokowi-JK. Apalagi, Jokowi adalah orang partai yang tradisinya adalah patuh pada ketua umum. Menarik diketahui akan seperti apa keteguhan Jokowi menolak semua transaksi balas budi dan kukuh dengan idealisme “orang yang tepat di pos yang tepat” ketika mereka yang mengharap balas budi itu berbicara langsung dengan sang ketua umum.

Ini tidak hanya mempertaruhkan reputasi mentereng Jokowi selama kampanye. Ini juga sekaligus menjadikan amanat rakyat begitu terlihat ringkih layaknya bola diputar di atas satu jari. Jika amanat ini dikhianati, harga yang dibayar Jokowi pasti sangat mahal, layaknya Martin de Michelis yang teledor menjaga Mario Goetze.

Advertisements

5 comments on “Silly Season Kabinet Jokowi-JK

  1. Sungguh ksatria sikap beliau, laksana pendekar Samurai Jepang yang memilih lebih baik mati sendiri (harakiri) daripada dikalahkan musuh, ibarat moto prajurit perang yang pantang berpulang kecuali menang, seperti prinsip mujahid yang hidup mulia atau mati terhormat (syahid). Maju terus pantang mundur, tidak ada istilah kalah, mari bung rebut kembali, seluruh rakyat mendukungmu!

  2. secara konstitusi jokowi-jk adalah presiden terpilih.mana hujatan&ejekan lucu tentang jokowi yg biasa jd artikel yg pny warung neh ?kok agak kalem sekarang,gentar?

  3. Pingback: Tidak Pernah Diundang Test Drive? Coba Introspeksi Dulu | ARIFDADOT.COM

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s