Mungkin Semua Berawal Dari Video Game Balap Mobil

Masih segar dalam ingatan kita bagaimana mobil terbang di jalan tol telah menewaskan beberapa orang yang tidak ada sangkut-pautnya dengan pelaku yang bukan peran pengganti film-film Hollywood. Sang pelaku, anak musisi terkenal Ahmad Dhani, lazim dikenal sebagai Dul, masih bocah yang bahkan belum berseragam abu-abu. Masyarakat pun terhenyak. Bagaimana bisa bocah seusia itu diperbolehkan menyetir sendiri, di jalan tol pula? Analisis awal yang langsung menyeruak adalah ayahnya yang terlalu permisif tapi mungkin kita perlu menoleh pada sebab lain.

Gaya hidup anak zaman sekarang dalam mendapatkan hiburan rasanya turut berkontribusi pada kasus tabrak lari yang melibatkan anak di bawah umur. Zaman sekarang mana ada anak bocah yang gemar main petak umpet, patuk lele, gobak sodor, tangkap capung seperti presiden Obama waktu kecil, atau permainan tradisional lainnya. Sebagai gantinya, permainan digital yang ada di perangkat komputer lazim dimainkan, termasuk balap mobil seperti Asphalt atau Gran Turismo dan semacamnya.

Ditambah dengan sifat bocah yang suka pamer dan tidak mau kalah, ini seperti gembok bertemu kuncinya, klop untuk menciptakan kasus yang tidak layak ditimbulkan para bocah itu. Saling pamer seperti, “dah nyoba game ini blom“, “eh aku dah nyampe level ini, kamu bisa juga gak?” adalah hal biasa belakangan ini. Apalagi permainan tersebut difasilitasi peralatan yang mirip aslinya. Ada setir yang pengoperasiannya mirip setir asli, tuas rem dan persneling pun demikian jadilah gelora para bocah itu makin mendidih untuk segera mencicipi yang sebenarnya. Hasilnya, ya mungkin seperti yang dialami si Dul itu.

Pada akhirnya, mungkin sedikit yang dilakukan mampu mencegah kejadian semacam itu terulang lagi. Selebihnya, kita tak mampu mencegahnya. Karena kalau ada yang berusaha memberitahukan, mungkin dibalas ketus atau kata-kata seperti, “urus saja dirimu sendiri”

yang penting mah buat saya jadi deh satu postingan 😆

Advertisements

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s