Duryodana Orang Baik Sampai Sangkuni Menghampirinya

Penggemar Mahabharata pasti paham betul dengan tokoh yang satu ini. Dalam serial klasik maupun yang sedang tayang, Duryodana senantiasa digambarkan sebagai tokoh antagonis. tokoh ini dicitrakan menghalalkan segala cara demi meraih tujuannya. Duryodana adalah sebab terjadinya perang baratayuda, mungkin demikian kesimpulan para penikmat tayangan ini.

Sejatinya, Duryodana tidak seburuk yang ditonton banyak pemirsa. Kalau kita mau adil menilai, Duryodana itu orang baik. Lihat saja bagaimana ia memperlakukan Karna ketika Pandawa melecehkannya. Atau, loyalitas dan integritasnya dalam memegang janji. Duryodana sama baiknya dengan para pandawa sampai kerajaan api datang menyerang Sangkuni, sang paman; kakak ibundanya, datang mengasuhnya.

Sangkuni yang memoles bakat jahat Duryodana. Penuh hasutan, kebencian, dan kedengkian, Sangkuni mengompori Duryodana untuk membenci para pandawa. Sangkuni pula yang terus meniupkan ide-ide makar untuk mencelakai para pandawa.

Duryodana tahu bagaimana bersikap patriotik membela Hastinapura. Tapi karena belakangan dipengaruhi Sangkuni yang licik, patriotisme itu terlihat abu-abu jadinya. Duryodana mungkin sudah legowo dan ikhlas menyerahkan takhta Hastinapura pada Yudistira. Tapi, Sangkuni pula yang terus mengomporinya untuk menggugat KPU ke MK dan mengajukan tuntutan ke PTUN menuntut takhta Hastinapura, sehingga pecah perang Baratayuda.

Duryodana orang baik, hanya saja ia diperalat dan dikelilingi orang yang licik, sehingga percaya bahwa sebenarnya dirinya-lah pemenang pemilu tahun ini.

Advertisements

One comment on “Duryodana Orang Baik Sampai Sangkuni Menghampirinya

Comments are closed.