Google Sudah Mengintip Isi Email Kita

Pengguna Gmail pasti sudah paham dengan yang satu ini. Di kotak email kita itu sudah tersedia beragam tab, mulai dari Primary, Social, Promotions, Updates, dan Forums. Kita gembira karena dengan begitu semua email yang masuk sudah dikelompokkan sesuai tab-nya. Ini berarti email penting dari relasi utama kita tidak bercampur dengan email penawaran barang, email kiriman dari milis, atau email berisi promosi barang murah. Waktu kita jadi tak terbuang percuma hanya untuk menata kotak email utama.

Gmail-New-Features-New-Google-Tabs

Tapi saya berpikir, Google menata Gmail dengan tab-tab yang meringankan kerja penataan kita berarti sudah sebelumnya memeriksanya terlebih dahulu. Analoginya adalah saat kita harus masukkan berwarna ke wadah sesuai warnanya, tentu bola yang akan kita masukkan harus diperiksa dulu warnanya sesuai atau tidak dengan wadah tersebut. Atau, seperti buku bersampul polos yang harus kita susun di rak sesuai jenis bukunya (sains, ekonomi, sejarah, fabel, anak-anak) tentu kita melihat terlebih dahulu isinya.

SOPA

SOPA

Meskipun demikian, saya tidak terlalu peduli dengan kemungkinan Google telah melanggar privasi email kita. Itu karena saya menggunakan Gmail untuk bekerja, bukan untuk sesuatu yang sifatnya sangat rahasia. Lagipula, kalau Google mengetahui saya bekerja sebagai penerjemah lewat berbagai dokumen dan faktur (invoice) yang lalu-lalang di email saya, mungkin mereka tertarik memanfaatkan jasa saya menerjemahkan semua dokumen mereka.

I translate

I translate

gambar 1: Lirent.net

gambar 2: toptiertactics

Advertisements

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s