Jalan Satu Arah Semeru-Kawi Dapat Saja Dilanjutkan

Selasa besok, 2 September 2014, seharusnya menandai seminggu pemberlakuan jalan satu arah Seremu-Kawi. Namun aturan baru yang ditujukan mengatasi keruwetan lalu-lintas di pusat kota Malang hanya berumur tak sampai 6 jam setelah puluhan angkot dibawa sopirnya memenuhi Jalan Kawi Atas. Walikota Malang yang tak berdaya dengan aksi tersebut memilih mengalah dan membatalkan keputusannya sendiri (Radar Malang, edisi sehari setelah aturan satu arah Semeru-Kawi diketok).

Maksud walikota Malang menjadikan Jl. Semeru hanya satu arah ke barat dan Jl. Kawi ke timur sebenarnya patut diapresiasi. Contoh yang telah terbukti ada di poros Brawijaya. Namun, mungkin karena di dua jalan dekat stadion Gajayana banyak angkot melintas, para supir cemas bakal kehilangan banyak penumpang yang enggan merogoh ongkos lebih banyak hanya untuk berputar-putar saja.

Kalau sudah begini, jalan tengah yang dapat diambil adalah aturan satu arah yang baru tetap diterapkan dengan berlaku hanya pada kendaraan pribadi. Pokoknya angkut dari jurusan mana saja boleh tetap dua arah. Jadi, ADL dan AL juga GL dapat terus melaju ke arah stasiun Kota Baru dan tugu Adipura dan AT dan MM tetap boleh melintas dari BRI Kawi sampai Dieng. Lagipula kendaraan pribadi tersebut yang kebanyakan menenggak bensin bersubsidi dapat menempuh jalan alternatif kok.

Misalnya, mau ke stasiun dari arah Ijen. Kalau sudah terlanjur di Jl. Ijen, putar balik saja ke arah Oro-oro Dowo terus sampai ke pertigaan PLN-Hotel Trio Indah yang selanjutnya tinggal ikuti jalan yang sama, belok kiri di BCA Cabang Malang.

Insentif yang justru tidak mendukung mobil pribadi diharapkan dapat membuat pemiliknya risih terus menggunakannya dan memilih beralih ke angkutan umum atau gowes dengan sepeda, meskipun bagian penutup ini masih jauh panggang dari api untuk diwujudkan, tapi kita boleh berharap 🙂

Advertisements

4 comments on “Jalan Satu Arah Semeru-Kawi Dapat Saja Dilanjutkan

  1. Pingback: Bundaran Adipura Ditutup, Kendaraan Memutar Depan Balai Kota Malang | arifdadot

  2. Pingback: Acara Baksos Jatimotoblog Tuntas, Insya Allah Bersua Lagi Dalam Halal Bi Halal Jatimotoblog | Arif Dadot

Comments are closed.