Perkembangan PGM-FI Honda Yang Mungkin Tidak Disadari

Masih belum beranjak dari arena HRC di kawasan luar Stadion Kanjuruhan, ada tenda khusus yang menarik untuk dikunjungi. Di sana dipajang beberapa motor Honda yang telah dibedah, diperlihatkan jeroannya tanpa ditutup-tutupi. Di tenda demo produk Honda yang tidak ada unjuk-rasa ini, ada penjelasan singkat mengenai teknologi terkini yang telah disematkan di sistem injeksi PGM-FI milik Honda. 

presentasi PGM-FI gen.5

presentasi PGM-FI gen.5

Di permukaan, kita mungkin hanya tahu Supra X 125 adalah pelopor mesin injeksi di Indonesia. Mungkin kita juga hanya tahu Honda pula yang mencanangkan kampanye injeksi untuk seluruh jajaran produknya. Namun, sedikit dari kita yang mengetahui perkembangan PGM-FI milik Honda dari masa ke masa.

presentasi PGM-FI gen.5

presentasi PGM-FI gen.5

Supra X 125 diberikan PGM-FI generasi ke-2. Setelah itu, perkembangan PGM-FI melompat cepat karena kita tidak diberi kesempatan menyaksikan evolusinya hingga sekarang PGM-FI yang disematkan di Vario 125 dan adik serta kakaknya sudah berada di PGM-FI generasi ke-5.

presentasi PGM-FI gen.5

presentasi PGM-FI gen.5

PGM-FI generasi ke-5 berarti peningkatan penghematan bahan bakar, penggantian suku cadang lebih ekonomis, dan ketahanan komponen mesin lebih lama. PGM-FI generasi ke-5 juga menyediakan lebih banyak sensor untuk diagnosis ketidakberesan mesin dan/atau komponen elektronik lainnya (silakan dikoreksi, pas presentasi tidak bawa pulpen 😆 )

Sistem Injeksi PGM-FI generasi ke-5 milik Honda ditujukan untuk menyediakan kenyamanan berkendara lebih baik dan keawetan komponen mesin lebih lama.

Advertisements

One comment on “Perkembangan PGM-FI Honda Yang Mungkin Tidak Disadari

  1. Tanya, Boss!
    Knapa motor injeksi Honda pertama (bebek) gak laku, tapi Vixion injeksi tetangga laku? Dari siapa orang tahu adanya teknologi injeksi? Dari barang yang numpuk di gudang atau dari produk yang edar di pasar?

Comments are closed.