Advertisements

Pabrikan Lokal Perlahan Mulai Tergusur

Ketika Blackberry sedang di masa jaya, terselip nama-nama asing mencoba peruntungannya dengan terinspirasi dari perangkat-perangkat buatan pabrikan Kanada itu. Seiring tumbangnya Blackberry dan moncernya popularitas Android, nama-nama yang mewakili pabrikan kecil ini menyesuaikan diri dengan mengadopsi sistem operasi Robot Ijo. Seiring dengan panasnya persaingan iOS dari Apple dan Android, pabrikan lokal ini turut kecipratan rezeki dengan merilis ponsel-ponsel mirip iPhone. Modal utama pabrikan kecil ini dalam bertahan di tengah sengitnya persaingan telekomunikasi selain sistem operasi serbaguna adalah harga yang sungguh sangat terjangkau bila dibandingkan dengan spesifikasi yang ditawarkan — bakal berlipat-lipat harganya dengan spesifikasi yang sama tapi buatan merek besar.

Namun, pendulum kemujuran sepertinya sedang menjauh dari mereka. Ini karena beberapa pabrikan ternama turut aktif di segmen yang “merah” ini. Pabrikan besar itu menawarkan ponsel dengan spesifikasi yang aduhai dengan harga yang beririsan dengan produsen lokal ini. Seiring berjalannya waktu, pabrikan kecil ini harusnya tergusur karena modal mereka disamai namun tak punya nama besar untuk menggoda layaknya pabrikan besar tadi. Hal ini mungkin tidak berlaku bagi merek lokal yang produknya memiliki basis komunitas yang kuat.

Basis komunitas yang kuat sepertinya harus jadi andalan merek kecil untuk mempertahankan produk tetap laris seperti dulu. Apalagi Android itu sistem operasi yang mudah sekali diutak-atik. Lagipula, basis komunitas yang kuat membantu pabrikan lokal tidak terlalu repot soal layanan purna jual karena gangguan yang dialami dapat langsung disembuhkan oleh sesama anggota yang sangat paham luar-dalam.

Advertisements

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4

9 responses to “Pabrikan Lokal Perlahan Mulai Tergusur”

  1. Kobayogas says :

    trus aki kudu piye mbah…

    Like

  2. jahe says :

    pabrikan lokal yg masih exist evercoss, mito, advan

    Like

  3. Alvanna says :

    yah kok sedih banget. tapi kayaknya sekarang inovasi smartphone buatan lokal juga semakin baik kok meskipun persaingannya masih kalah sama yang lain

    Like

Trackbacks / Pingbacks

  1. Dengan Harga Beririsan, Kamu Pilih Mana? | arifdadot - 12/09/2014

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: