Advertisements

Referendum Menentukan Nasib Skotlandia Dihelat Hari Ini

Ketika kita di Indonesia sudah tuntas dengan pemilihan presiden lengkap dengan semua pernak-perniknya yang warna-warni, rakyat Inggris baru saja akan melaksanakan pemilihan umum hari ini. Pemilu ini bukan untuk memilih perdana menteri baru karena kepala negara adalah ratu/raja yang turun-temurun. Pemilihan umum di Inggris yang dihelat hari ini sangat penting bagi warga Inggris dan Skotlandia pada umumnya, karena tidak berlangsung lima tahun seperti di Indonesia, tapi mungkin seumur hidup.

1410991232599_wps_1_The_Saltire_and_Union_Jac

18 September 2014 merupakan hari dihelatnya referendum yang “bertanya” kepada seluruh orang Inggris dan Skotlandia yang punya hak pilih: Apakah Skotlandia perlu tetap bergabung dengan Inggris atau berpisah menjadi negara merdeka? Jawaban dengan persentase lebih banyak di antara pilihan YA dan TIDAK inilah yang akan menentukan nasib Kerajaan Inggris Raya. Karena kalau YA mendominasi, itu artinya Skotlandia akan menjadi negara mandiri terpisah dari kerajaan Inggris Raya, tidak hanya di sepakbola, tapi di semua forum dunia. Pokoknya bayangkan saja negara dengan bendera kebangsaan sendiri, lagu kebangsaan sendiri, mata uang sendiri (meskipun mungkin bergabung dengan Uni Eropa menggunakan mata uang Euro), presiden sendiri pastinya dengan wakilnya, stempel sendiri, kedubes/konjen, dan semacamnya.

Sejauh ini posisinya cukup ketat, layaknya rilis dari lembaga survei di Indonesia melalui jajak pendapat simulasi, di mana TIDAK unggul tipis dari YA. Namun yang lebih menarik perhatian adalah kalangan yang menyatakan belum memutuskan karena jumlahnya cukup signifikan. Keputusan yang dibuat jelas berdampak besar pada masing-masing kubu karena akan menghasilkan perbedaan yang nyata.

1410999970417_wps_1_Polls_Graphic_jpg

Sejarah baru akan tercipta jika kubu YA meraup suara lebih baik karena itu berarti orang Inggris yang akan berkunjung ke Skotlandia harus melalui pemeriksaan paspor/imigrasi.

Bakal ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi gak yah? #eehhh 😆

Advertisements

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4

6 responses to “Referendum Menentukan Nasib Skotlandia Dihelat Hari Ini”

  1. fncounter says :

    warna warni politik

    Like

  2. bladeus says :

    kalau IYA menang, bakal ada negara baru 😀

    —————————————–

    new mio????

    http://bladeusmagz.com/2014/09/20/spy-shoot-next-yamaha-new-mio/

    Like

  3. Merdeka says :

    di Indonesia kapan kang?

    Like

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: