Posisi Nokia Saat Ini Memang Tidak Menguntungkan

Nokia dulu pernah meraja di Indonesia. Rasanya seperti terajam apabila dulu tidak berperangkat Nokia. Tapi pendulum berayun begitu cepat dan kini Nokia mungkin hanya dikenal sebagai penyedia infrastruktur terkemuka di dunia sesekali menyeruak untuk menarik perhatian publik. Keengganan mengadopsi Android dituding sebagai biangnya mengingat keputusannya menggunakan platform Windows Phone tidak terlalu menaikkan pamor Nokia, namun Android toh tidak banyak menolong meskipun sudah dipasang di beberapa perangkatnya.

Misalnya di rentang 1000-2000 (redenominasi). Di segmen yang dianggap paling laris, Nokia tak bisa berbuat banyak karena dijepit dari semua lini oleh banyak pabrikan yang kompak menggunakan Android. Nokia Lumia 530 yang dibandrol 1300 (redenominasi) sungguh sangat terengah-engah karena tawaran dari Xiaomi 1s jauh lebih menggiurkan. Jika Xiaomi dianggap dikenal di kalangan khusus saja, sudah menanti Asus Zenfone 4 yang kini sudah dihargai wajar di harga 1200 (redenominasi) atau Moto E dari Motorola yang dijamin mendapatkan pembaruan setelah Android Kitkat seharga 1300 (redenominasi). Ini belum termasuk merek-merek “lokal” macam Evercoss, IMO, Mito, dan Andromax dari Smartfren.

Adopsi Android oleh Nokia pun terkesan setengah hati karena Google Play yang selama ini jadi andalan mencari aplikasi apa saja dihilangkan, diganti dengan Nokia Store yang masih terbatas. Mungkin juga Nokia terkena post-power syndrome, yang merasa produknya masih yang terlaris dan pasti digilai meskipun dibandrol cukup selangit.

Perangkat Nokia di masa mendatang dapat dipastikan tidak akan mengusung Android setelah Microsoft memutuskan menghentikan proyek ini. Sebagai gantinya, kita mungkin dapat berharap rumor Windows Phone dibandrol di bawah seribu (redenominasi) benar adanya dan menangguk popularitas yang setidaknya mengekor penyerapan Android yang begitu masif tiap tahun dewasa ini.

Advertisements
This entry was posted in Transisi on by .

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4

2 thoughts on “Posisi Nokia Saat Ini Memang Tidak Menguntungkan

  1. Jakoblus

    Syukur sekali1 bangkrut tuh nokia…!!!
    Dikira masyarakat dunia masih bisa mereka bodohi. Itu akibatnya jika terlalu jumawa & terlena saat dipuncak.
    Ckckclcc…
    Ponsel minim fitur & teknologi dihargai mahal ya gak laku. Ke depan tinggal nunggu detik2 bangkrutnya..!!!

    Reply

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s