Advertisements

Monas Lautan Sampah, Mari Pungut Di Acara Geruduk

Satu tempat yang bakal jadi pusat keramaian sebagai bagian dari acara geruduk aka gerakan rakyat untuk dua puluh oktober adalah Monas. Tugu yang menjadi kebanggaan Bung Karno dan tanda keabsahan siapa pun telah berkunjung ke Jakarta akan dijejali manusia, konon sampai satu juta, mengacu pada jumlah undangan yang dicetak. Dengan limpahan manusia begitu berjubel, panitia harus mengantisipasi satu hal yang pasti sangat niscaya. Apa itu?

Tak lain adalah sampah. Lazimnya kegiatan yang mendatangkan banyak orang yang dihelat di mana pun di Indonesia, sampah pasti merupakan efek bawaan. Apa pun yang pada akhirnya tidak digunakan akan dibiarkan tergeletak begitu saja tanpa rasa bersalah. Jika ini tidak diantisipasi, maka tugas pekerja kebersihan semakin berat dibandingkan rutinitas mereka. Itu juga sekaligus menantang slogan Jokowi-JK yang ramai didengungkan saat kampanye. Apalagi kalau bukan Revolusi Mental.

sampah-monas

Pembuktian sekaligus ujian perdana Revolusi Mental adalah usai acara geruduk di Monas. Sampah yang tertinggal jangan dibiarkan begitu saja. Namun, ceceran apa pun harus dipungut dan dikumpulkan semampunya untuk lantas dibuang ke tempatnya. Lebih bagus lagi kalau panitia memang mengantisipasi hal ini dengan menyediakan beberapa titik pembuangan sampah. Mengapa ini relevan dengan Revolusi Mental?

SAMPAH_MONAS

Karena kebiasaan orang Indonesia kebanyakan adalah seenaknya saja. Saat masukkan permen ke dalam mulut, bungkusnya langsung dibuang sekenanya. Sehabis makan camilan, kemasannya enteng saja dibiarkan tercecer tanpa rasa bersalah. Mulai sekarang, nanti seusai acara geruduk, tiap orang dengan kesadaran sendiri, memungut sampah terdekatnya dan dibuang ke tempatnya. Tiap orang melakukan ini dan ada sekitar sejuta orang di Monas yang bersama-sama melakukannya, petugas kebersihan akan sangat berterima kasih dan tulus mendoakan.

Advertisements

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4

2 responses to “Monas Lautan Sampah, Mari Pungut Di Acara Geruduk”

  1. search says :

    certainly like your website however you have to check the
    spelling on several of your posts. Several of them are rife with spelling problems and I in finding it very troublesome to tell the reality on the other
    hand I’ll surely come back again.

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s