Advertisements

Pelabuhan Laut Yang Berpotensi Dikembangkan Lebih Lanjut

Satu cara untuk meraup pengetahuan baru adalah dengan berkelana. Jadi, cukup beruntung bagi mereka yang berkesempatan menumpang kapal laut yang disediakan PELNI. Perjalanan dengan kapal PELNI ini sangat menyenangkan karena harus singgah di beberapa pelabuhan. Kapal PELNI itu sendiri sudah terasa layaknya kapal pesiar dalam batas-batas tertentu, meskipun memang masih diperlukan kesadaran penumpang dalam beberapa aspek.

TahunbarualaPelni-PestatopengdiKMLambelu_4752Sekali menempuh rute berlayarnya, satu kapal PELNI biasanya butuh 5-6 hari untuk sampai dari titik awal hingga titik akhir dengan beberapa titik di antaranya. Titik tersebut dapat berupa pelabuhan besar, bisa pula pelabuhan kecil.

pelni-9

Kita ambil contoh pelayaran dari Jayapura sampai Tanjung Perak di Surabaya. Dalam perjalanannya kapal PELNI yang melintasi rute tersebut dapat singgah di hingga beberapa pelabuhan, hingga delapan pelabuhan, berturut-turut Serui, Nabire, Manokwari, Sorong, Ternate, Bitung, Kwandang, dan Balikpapan (tidak termasuk Jayapura sebagai titik awal dan Surabaya sebagai titik akhir atau sebaliknya).

nggapulu

Pelabuhan Jayapura dapat dikembangkan sebagai hub atau pusat distribusi logistik ke kawasan-kawasan lain di Papua yang dapat dilayari. Pelabuhan Jayapura dapat didukung oleh pelabuhan Sorong sebagai pintu gerbang ke Papua di mana pelabuhan ini dapat menjadi transit menuju ke kawasan utara meliputi Manokwari, Nabire, Biak, dan Serui sampai Jayapura, tapi juga berlayar ke selatan yang dimulai dari Kaimana di Fakfak, terus menyusuri laut Arafuru sampai ke Merauke. Kalau ada itikad baik, masalah infrastruktur di Papua sebenarnya dapat diatasi dengan kapal PELNI seperti ini 😉

Pulau-pulau lain selain Papua pun dikenal memiliki pelabuhan yang dapat disandari kapal-kapal berbobot mati ribuan ton.

Advertisements

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4

One response to “Pelabuhan Laut Yang Berpotensi Dikembangkan Lebih Lanjut”

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s