SEO Memang Ada Atau Hanya Mitos?

For English version, please refer to here

Bagi praktisi blogging, lazim dikenal sebagai blogger, membawa blognya ke tangga juara, ehm, maksudnya ke daftar teratas hasil pencarian mesin pencari Google adalah sebuah keharusan. Tapi Google tidak mengindeks RT kita, RW kita, atau bahkan negara kita. Tapi Google merangkum semua pencarian dari seluruh dunia. Jadi bersaing dengan blogger sekampung saja sulit, apalagi ini bersaing dengan orang-orang mancanegara yang tidak dikenal. Ada kiat khusus?

suzuki-inazuma-2501.jpg

Lantas ramai beredar tentang SEO. Search Engine Optimization begitu kepanjangan dari SEO adalah konon cara cepat untuk meraih posisi utama di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari Google. SEO ditawarkan dalam berbagai skrip, widget, atau bahkan software, KKSS. SEO lantas menjelma menjadi sesuatu yang terlihat mengerikan untuk dijalani bagi pemula karena terasa begitu rumit. Pertanyaan utamanya kemudian adalah apakah SEO itu benar-benar ada?

suzuki-gw250s-2014-06

Tulisan saya tentang Suzuki Inazuma membuat saya kebingungan sendiri tentang keberadaan SEO. Jika kata kunci “Suzuki Inazuma di YouTube” diketikkan di mesin pencari Google, blog ArDa berada di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari Google. Padahal, saya tidak menerapkan apa pun terkait SEO di blog ArDa.

,

Advertisements