Pesawat jumbo jet Boeing 747 super lebar siap mengangkut warga sekampung

Menandai pos ke-747 dari blog ArDa, Boeing merasa penting dan tersanjung mengiklankan pesawat legendarisnya, jumbo jet 747 di blog ArDa perlu dicari satu pelabelan ikonik yang menggunakan kombinasi angka tersebut. Satu hal yang langsung mencuat begitu menyebut 747 tak lain adalah pesawat jumbo jet super lebar buatan pabrikan pesawat di Seattle. Adalah Boeing 747 yang begitu legendaris dalam dunia dan industri kedirgantaraan yang tiap orang begitu terpesona dan berharap dapat terbang di dalam kabin yang lega untuk merasakan kenyamanan tak terbayang sebelumnya.

Qantas Boeing 747, courtesy of wikipedia

Qantas Boeing 747, courtesy of wikipedia

Baca juga:

Boeing 747 merintis kemunculan perdananya ketika Angkatan Udara Amerika Serikat pada 1963 memulai proyek pesawat pengangkut strategis yang sangat besar. Proposal pun masuk dari Boeing, Douglas, General Dynamics, Lockheed, dan Martin Marietta. General Electric, Curtiss-Wright, and Pratt & Whitney turut melamar untuk memasok mesin. Setelah diseleksi, Boeing, Douglas, dan Lockheed diberi kontrak kajian tambahan untuk rangka, bersama General Electric dan Pratt & Whitney untuk mesin.

747 assembly at Boeing factory, courtesy of aviationexplorer

747 assembly at Boeing factory, courtesy of aviationexplorer

Dapat dibilang kalau 747 pun merupakan hasil tekanan bos PANAM pada Boeing untuk membuat pesawat pengangkut dengan kapasitas dua kali Boeing 707 yang saat itu beroperasi. Pada 30 September 1968, model 747 yang pertama tampil dari fasilitas perakitan Everett di hadapan pers dunia dan perwakilan 26 maskapai penerbangan yang telah memesannya. Dalam beberapa bulan kemudian, penerbangan perdana akhirnya dilakukan pada 9 Februari 1969 dengan Jack Waddell dan Brien Wygle sebagai pilot-kopilot dan Jess Wallick sebagai teknisi penerbangan. Meskipun ada masalah kecil di roda, penerbangan perdana itu memastikan 747 mudah diterbangkan dengan baik. Pesawat 747 terbukti tahan terhadap “Dutch roll”, satu fenomena yang menjadi bahaya besar bagi jet bersayap kepak. PANAM pula yang jadi pembeli pertama pesawat Boeing 747 ini.

first Boeing 747 rolled out, courtesy of aviationexplorer

first Boeing 747 rolled out, courtesy of aviationexplorer

Seiring waktu, Boeing 747 memiliki banyak varian, yang disesuaikan atau dibuat berdasarkan pesanan maskapai penerbangan langganannya, misalnya mengangkut penumpang atau kargo. Maka muncul varian 747-100, 747 SR, 747-100B, 747 SP, 747-200, 747-300, 747-400, 747 LCF Dreamlifter, dan 747-8.

Boeing 747 Cargo Freighter, courtesy of flugzeuginfo

Boeing 747 Cargo Freighter, courtesy of flugzeuginfo

747 juga digunakan untuk, di antaranya, kepentingan militer. Tentu saja yang paling terkenal adalah pesawat kepresidenan Amerika Serikat Air Force One yang sangat canggih itu. Lainnya adalah Shuttle Carrier Aircraft yang dimodifikasi untuk mengangkut pesawat ulang-alik.

Boeing 747 Shuttle Carrier Aircraft, courtesy of wikipedia

Boeing 747 Shuttle Carrier Aircraft, courtesy of wikipedia

Boeing 747 dengan berbagai variannya itu masih terus mengudara sampai saat ini, meskipun terjadi beberapa kali insiden, dan menjadi penentu kesuksesan maskapai penerbangan ternama dalam melayani rute-rute sibuk jarak yang menempuh ribuan km dengan menghadirkan kenyamanan kelas atas.

Advertisements

9 comments on “Pesawat jumbo jet Boeing 747 super lebar siap mengangkut warga sekampung

  1. Pingback: Di bandara ini, pesawat harus mengalah pada kereta api | ArDa

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s