Boeing 777 bukan pesawat jumbo jet, namun tetap jadi favorit maskapai penerbangan, selain seri 747

Inspirasi datang begitu cepat dan didukung dengan koneksi internet yang memadai dan mood yang selalu bagus, blog ini tiba juga di pos ke-777. Tak ada yang salah, kemudian, jika untuk menandai milestone di blog ini, pesawat Boeing 777 dipilih sebagai tema tulisannya. Faktanya adalah saat memanfaatkan mesin pencari Google untuk menemukan sedikit saja keunikan tentang 777 selain pesawat mesin ganda buatan Boeing yang terkenal itu, tak ada lagi entitas populer yang menggunakan deret angka ini, selain halhal yang berkaitan dengan politik dan keagamaan yang tidak begitu menarik untuk diangkat ke permukaan. (lain soal kalau sudah berkaitan dengan deret angka 666).

Boeing 777 United Airlines, courtesy of wikipedia

Boeing 777 United Airlines, courtesy of wikipedia

jadi, meskipun tidak menguasai aspek kedirgantaraan dan hanya terpukau dengan ukuran pesawat yang kebanyakan begitu meraksasa, demi penanda tonggak di blog ini, Boeing 777 bakal diulas. Tentu dengan kajian seadanya hanya untuk memenuhi kaidah pemenuhan artikel di blog ini 😆 Boeing 777 adalah proyek penerbangan Boeing yang telah dirintis dan hasil konsultasi Boeing dengan beberapa maskapai penerbangan. Kapasitas angkut Boeing 777 bervariasi, mulai 314 hingga 351 penumpang, tergantung pada serinya. Boeing 777 ternyata adalah pesawat twinjet terbesar di dunia dan sanggup menempuh jarak sekali terbang sejauh 9,695 hingga 17,372 km. Boeing 777, yang memiliki enam roda di setiap landing gearnya, memiliki mesin turbofan terbesar di antara pesawat twin-jet lainnya. Boeing 777 merupakan pesawat twin-jet terlaris perusahaan asal Seattle itu karena efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi dibandingkan pesawat twin-jet berbadan lebar lainnya. Keunggulan ini menjadikan Boeing 777 mampu melakukan penerbangan lintas samudra.

Boeing 777, courtesy of wikipedia

Boeing 777, courtesy of wikipedia

United Airlines dapat dibilang sebagai konsumen pertama Boeing 777 saat maskapai penerbangan itu untuk pertama kalinya menerbangkan Boeing 777-200 pada 7 Juni, 1995. Dengan sedikit kelebihan yang telah disebutkan di atas dan keunggulan teknis yang dapat dijabarkan di sini, tak sulit bagi Boeing 777 untuk meraih popularitas segera di kalangan maskapai penerbangan. Deretan maskapai penerbangan berikut adalah pelanggan bahagia yang masih menggunakan pesawat twin-jet berbadan lebar Boeing 777: Emirates, United Airlines, Air France, American Airlines, Cathay Pacific, British Airways, Singapore Airlines, All Nippon Airways, dan Japan Airlines. Total, sudah sebanyak 1,184 unit pesawat Boeing 777 yang ludes terjual di tahun 2014 saja.

Boeing 777, courtesy of barrieaircraft

Boeing 777, courtesy of barrieaircraft

Tentu tak ada produk yang sempurna. Pakaian saja ada yang kerahnya tidak ada, begitu pula dengan benda yang berisi begitu banyak rangkaian elektronik nan njelimet. Boeing 777 mengalami beberapa kali insiden yang menimpa beberapa maskapai penerbangan internasional. Satu yang sangat terkenal dan sampai hari ini begitu dikenang karena tak berhasil ditemukan yang melibatkan Boeing 777 adalah hilangnya pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan 370 dalam perjalanan dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Beijing China. Kemalangan serupa lainnya turut dialami pesawat yang sama juga dengan maskapai penerbangan yang sama ketika Boeing 777 milik maskapai penerbangan Malaysia Airlines ditembak jatuh gerilyawan Ukraina dalam perjalanan dari Amsterdam, Belanda menuju Kuala Lumpur.

courtesy of bankinfosecurity

courtesy of bankinfosecurity

Baiklah, saya sudah merasa seperti karyawan kehumasan Boeing yang merilis warta tentang Boeing 777. :mrgreen:

Advertisements

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4
This entry was posted in Transisi. Bookmark the permalink.

5 Responses to Boeing 777 bukan pesawat jumbo jet, namun tetap jadi favorit maskapai penerbangan, selain seri 747

  1. ardiantoyugo says:

    Aku lebih tertarik A380…

  2. ardiantoyugo says:

    yang indentnya masih mengular…

  3. Pingback: Beredar foto-foto acara test ride Suzuki Address Malang-Surabaya! Suzuki lakukan operasi kontra-intelijen terhadap Vario 150! | ArDa

  4. aqua says:

    humas… wakakakkakka

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s