Pernah Meledek Burgman, Kini Giliran PCX Ditabok NMax Sampai Tersungkur

arifdadot.com – Segmen skutik sedang panas-panasnya di Indonesia. Dianggap sebagai kendaraan yang jauh lebih boros dari motor bebek saat pertama kali diperkenalkan, skutik malah terus berkembang menjadi kendaraan pilihan sebagian besar pengendara di Indonesia. Keputusan ini dapat dimaklumi kalau melihat kondisi jalan perkotaan, apalagi ibukota negara, yang begitu semakin padat setiap hari. Hasrat warga negara Indonesia yang makin membesar pada skutik menjadikan bisnis ini beromzet pilihan triliun. Maka tak heran kalau semua pabrikan di Indonesia begitu bernafsu menguasai pasar ini, tak terkecuali dua raksasa yang tak pernah akur, Honda dan Yamaha.

new-pcx-150

Persaingan tidak hanya terjadi di kelas skutik pemula. Bahkan skutik premium yang sebenarnya belum banyak peminatnya menjadi ajang pabrikan mendulang laba. Tercatat ada PCX sebagai jagoan Honda yang lebih dulu melenggang hingga mencapai dua kali perubahan (facelift, tiga kali kalau termasuk kubikasi mesin 125 ke 150 cc) dan dibandrol di harga 38 juta secara wajar (tidak pakai “ancaman” inden mengular, stok kosong, pengiriman lama yang membuat konsumen tidak sabar lantas menambah beberapa juta lagi agar barang segera ada). Saat itu skutik PCX begitu fenomenal yang bukan sebagai skutik murah meriah. Suzuki yang mencoba peruntungannya di segmen dengan menawarkan sensasi Eropa dan spesifikasi lebih besar melalui Burgman seperti tak berdaya menghadapi PCX yang begitu jumawa karena selisih 14 juta antara PCX dan Burgman sangat signifikan untuk upgrade tunggangan. Apalagi harga bandrol Burgman setara dengan motor sport seperempat liter, sehingga beli skutik di harga itu dianggap tidak wajar dan rasional.

burgman

Kepongahan PCX sepertinya tidak bertahan lama. Kedigdayaan PCX di segmen skutik premium tapi populer ini disinyalir hanya tinggal menghitung beberapa hari ke depan. Ini karena telah hadir jagoan baru dari Yamaha yang setara dengan PCX. NMax, juga tampil sebagai skutik bongsor, mengusung mesin 150 cc persis seperti PCX. Yang membuat NMax begitu telak menghajar PCX hingga jatuh berkeping-keping adalah fitur terkini yang disematkannya, termasuk rem ABS dan cakram belakang. Bayangkan saja, dengan dua fitur saja NMax sudah jauh pantas ditebus dibanding PCX jika harga keduanya berselisih sedikit sekali. Tapi satu lagi fitur yang bikin PCX terkena tabokan maut sehingga terhuyung-huyung dan langsung tersungkur adalah harga yang konon dibandrol di bawah 30 juta untuk NMax ABS!

Yamaha NMax front right small, courtesy of 7leopold7.com

Yamaha NMax front right small, courtesy of 7leopold7.com

Kita tunggu saja reaksi Honda menyikapi hadirnya si matik bongsor penonjok PCX, Yamaha NMax, yang sukses bikin para pemilik PCX kelabakan dengan langsung ramai-ramai menjual tunggangannya itu.

Advertisements

16 comments on “Pernah Meledek Burgman, Kini Giliran PCX Ditabok NMax Sampai Tersungkur

  1. Burgy masuknya udah maxis scoot….lhaaaa beberapa pemilik pcx aja jual tuh motor buat ambil burgy

  2. Pingback: Tu7uh Alasan Anda Tidak Layak Memiliki NMax | ArDa Trnsltr

  3. Pingback: Berharap Dapat Burgman Terjangkau, Malah Hadir NMax Nan Menggemparkan | ArDa

  4. Pingback: Bukan Mustahil Kalau Kamu Sudah Mantap Pilih NMax Tapi Akhirnya Malah Beli Vario 150. FAKTA! | ArDa

  5. Pingback: Gagal Rontokkan Ninja 250R, Suntik Mati Euthanasia Sudah Menanti R25 Demi NMax | ArDa

  6. Pingback: Ibarat Orang Puasa, YIMM Puasanya Sudah Bolong Dua Kali | Arif Dadot

  7. Pingback: Simak Kultwit Singkat Perihal Suspensi Keras NMax | Arif Dadot

  8. Pingback: Mahal tapi hati tenteram atau murah tapi bikin emosi? | ARIF DADOT

  9. Pingback: Intip NM dan PR Saat Telanjang | ARIFDADOT

Comments are closed.