Advertisements

Jadi Korban Pembegalan Itu Kesalahanmu, Kalau Membela Diri Kamu Pasti Masuk Penjara

Belakangan ini pemberitaan di berbagai media, bahkan termasuk media arus utama, ramai berkutat soal aksi begal di jalan raya. Aksi yang sangat mengerikan itu telah menyita perhatian sebagian besar warga masyarakat, terutama mereka yang sering pulang kerja saat tengah malam. Itu karena kejadiannya hampir selalu terjadi di waktu-waktu jalanan mulai sepi dan kebanyakan orang sudah beristirahat. Kejadian paling marak mungkin ada di Depok. Di kota satelit Jakarta itu dalam beberapa hari berturut-turut pernah terjadi aksi begal tiada henti. Anehnya, ketika masyarakat sipil, dalam hal komunitas otomotif, mencoba mengatasi kebuntuan dalam menghadirkan rasa aman bagi masyarakat itu sendiri, aksi tersebut malah ditanggapi negatif oleh pihak kepolisian.

Kejadian terbaru masih tentang pembegalan adalah begal yang dibakar hidup-hidup oleh warga yang telanjur geram dengan kejahatan yang sama sekali tak ada upaya dikerahkan untuk menghentikannya. Aksi barbeque itu terjadi di wilayah Bintaro dengan jatuh korban satu begal mati akibat dibakar itu. Anehnya, lagi-lagi seperti tanggapan soal pengamanan swadaya dari masyarakat, pihak kepolisian mengecam aksi pembakaran itu, menyebutkan kalau pelaku pembakaran akan diberikan hukuman.

Itu diatur dalam pasal 359 KUHP yang berbunyi barang siapa karena kesalahannya menyebabkan orang mati, dihukum dengan hukuman penjara selama-lamanya lima tahun atau hukuman kurungan selama-lamanya satu tahun (sumber: vivanews)

Pasal 359 dalam KUHP sendiri berbunyi demikian:

Barangsiapa karena kesalahannya menyebabkan matinya orang dihukum penjara selama-lamanya lima tahun atau kurungan selama-lamanya satu tahun

Aksi begal itu tak salah juga kalau disamakan dengan sel kanker. Kalau tidak diterapi dengan kemoterapi yang menyakitkan itu, sel kanker tidak akan musnah. Sedikit tindak kekerasan mungkin diperlukan untuk menghadirkan efek jera pada calon-calon begal lainnya yang sudah bersemai benih kejahatan di dirinya. Sama seperti tindak korupsi yang kalau tindakan itu tidak diganjar hukuman mati yang bikin keder, begal mungkin akan terus makin berani melancarkan aksinya jika warga terus tak berdaya dan tak melawan. Tapi kalau ancamannya seperti di atas itu, berarti jadi korban pembegalan berarti Itu Derita Loe alias kesalahanmu sendiri. Dan kalau kamu berbalik melawan pembegal yang berakibat si begal itu mati, maka kamu yang akan dipersalahkan dan dikenakan tuntutan pidana penjara satu tahun karena kamu salah.

Advertisements

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4

8 responses to “Jadi Korban Pembegalan Itu Kesalahanmu, Kalau Membela Diri Kamu Pasti Masuk Penjara”

  1. orong-orong says :

    serba salah emang, hidup polisi yang mengayomi dan melindungi
    http://orongorong.com/2015/02/25/tukang-tambal-ban-ini-ternyata-polwan/

  2. ardiantoyugo says :

    Kadang emang aneh dan memuakan…
    La nek perang kae dari pada mati mending mateni musuhe… Iki yo perang melawan prnjahat… Gek polisine podo nendi… Wooo…

  3. prasetyo676 says :

    Yg jahat ya harus disingkirkan..

  4. anangcozz says :

    Polisine di begal ae pisan….

  5. gilaroda2 says :

    Loh…ternyata ada polisi to di Indonesia tercinta ini?! 🙂

  6. jordan says :

    pulisi dateng belakangan, sibuk nangkepin kpk dolo

  7. kodokijo says :

    Polisi itu apaan sih? Siapa sih? Huff…..
    Kalo massa yg membakar si begal mau ditangkep, ya semuanya aja ngaku, satu kelurahan ngaku aja semuanya, penuh2 dah tuh penjara!!!!!!!!!

  8. IWAN BENERAN says :

    nyate rame-rame gak ditangkap bro. kalo nyate sendirian baru deh ditangkap keparat..eh aparat..

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s