Para Keluarga Bersyukur Anak Mereka Tidak Terjerumus Ke Dalam Isis Di Musim Hujan

arifdadot.com – Belakangan ini hujan turun lebih sering dari biasanya. Meskipun terkadang ada pula hari di mana matahari bersinar seharian selama beberapa hari, kita sebaiknya bersepakat kalau musim hujan memang sudah menggantikan musim kemarau. Kendati bukan keharusan, kita rasanya perlu menyesuaikan diri dan jangan membawa kebiasaan musim kemarau. Kalau tidak, tentu itu berakibat celaka bagi kita sendiri.

menikmati semilir angin di bawah pohon rindang, courtesy of republika

menikmati semilir angin di bawah pohon rindang, courtesy of republika

Terutama bagi anak-anak yang masih rentan, di cuaca yang begitu terik dan gerah, mereka senang sekali tergoda untuk bergabung dengan isis. Seringkali, keluarga yang anak-anaknya tertarik pada isis membiarkan saja fenomena ini, jika itu berlangsung di siang hari yang terik. Ini karena mereka juga merasakan yang sama namun karena masih bisa menahan gerah dan panas, mereka tidak terjerumus ke dalam isis.

Karena itu, kebiasaan terjerumus ke dalam isis saat cuaca sedang gerah dan panas yang biasa dialami anak-anak jangan sampai terbawa saat musim hujan tiba. Ini akan jadi kebiasaan yang sangat buruk. Memang terkadang ada di siang hari matahari masih bersinar terik meskipun sudah musim hujan sehingga anak-anak tergoda untuk terjerumus ke dalam isis. Misalnya, mereka langsung melepas bajunya dan langsung berlari mendekat ke kipas angin atau penyejuk udara. Atau, dengan baju yang sudah ditanggalkan dan perut serta dada tanpa pelindung mereka langsung berbaring di lantai untuk mendapat kesejukan.

dualisme cuaca, courtesy of serbasehat.info

dualisme cuaca, courtesy of serbasehat.info

Kesadaran sendiri dari para orang tua untuk mengawasi anak-anak agar tidak terjerumus ke dalam isis melalui praktik-praktik tersebut mutlak diperlukan. Mereka diharapkan selalu memantau aktivitas anak-anak mereka di tengah hari yang sedang terik atau gerah dan panas. Ini karena suhu panas di musim hujan berbeda dengan udara panas pada musim kemarau. Kombinasi panas dan dingin atau perubahan suhu yang cepat seperti matahari bersinar terik yang diikuti dengan hujan berpotensi menimbulkan gejala pancaroba yang mudah melemahkan daya tahan manusia, terutama anak-anak.

Selain itu, kebiasaan menempelkan badan tanpa berbaju langsung ke lantai yang dingin demi mendapat efek isis sangat tidak dianjurkan. Hal ini dapat memicu gejala paru-paru basah yang dapat mengganggu pernapasan. Begitu pula dengan kebiasaan terpapar penyejuk udara saat udara sedang panas dan terik. Praktik semacam ini dapat menimbulkan salah satunya gejala Bel’s Palsy.

Jika tiap keluarga bisa memantau anak mereka untuk tidak terjerumus dalam isis di musim hujan, itu bagus bagi mereka sendiri. Anak jadi tidak gampang sakit, yang kalau itu terjadi dalam situasi musim hujan yang berpotensi meningkatkan peluang terkena penyakit pasti sangat merepotkan. Pada akhirnya, waktu mereka yang berharga itu dapat dialihkan untuk berinteraksi dengan anak-anak mereka dalam cara yang konstruktif. Ini sebenarnya merupakan ganjaran dari upaya preventif mereka mengawasi anak-anak agar tidak terjerumus dalam isis di musim hujan seperti yang sudah diuraikan di atas.

yang tidak mengerti isis dalam tulisan ini, segera hubungi teman yang berbahasa Jawa 😆

Advertisements
This entry was posted in Transisi on by .

About ardaisme

Arif Rakhman (a.k.a ardaisme) is an English-Indonesian translator, capable of handling up to 5000 words a day on various topics and fields of interest. Shall you have urgency in translation, he can be contacted at saya@arifdadot.com for further discussion.

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s