Jika Terus Begini, Citra Yamaha Akan Rusak Dalam Jangka Panjang

arifdadot.com – Satu nama yang harus disebut jika itu tentang legenda otomotif di akhir abad 20 adalah Yamaha. Bersama Suzuki, Yamaha menjadi ikon otomotif yang selalu menghiasi pemberitaan roda dua. Apakah itu di motorsport seperti MotoGP atau reli Paris-Dakar atau produksi sepeda motor, Yamaha adalah nama yang jika disebutkan selalu terbayang citra lebih dari sekadar produk kasat mata. Yamaha adalah sebuah kebanggaan.

brosur

Yamaha RX King, photo credit: King Club Djakarta (KCDj)

Yamaha adalah selera berkelas. Yamaha adalah sebuah kesempurnaan. Bersama Suzuki, Yamaha ada bersama mereka melewati masa remaja di era ’90 dengan mesin 2-tak yang legendaris itu. Menunggang satu unit Yamaha di masa itu berarti meraup decak kagum dari semua yang melihat, menimbulkan rasa iri bagi semua yang melihat, dan melambungkan angan untuk mereka yang berharap suatu saat bisa mendapat anugerah serupa.

Perubahan regulasi dari 2-tak menjadi 4-tak sehingga beberapa pabrikan dengan produk unggulan di 2-tak cukup kelimpungan tak membuat Yamaha limbung. Kemampuan adaptasi yang gegas menjadikan Yamaha mampu menghadirkan produk yang sama unggul dan berkelas. Yamaha Vixion adalah satu contohnya. Kita bisa saksikan bersama kalau motor ini telah menjadi raja sejak pertama dirilis pada 2007 sampai sekarang. Yamaha Vixion lantas ditandemkan dengan beberapa motor sport lain, termasuk Scorpio dan Byson yang turut pula mendapat antusias positif.

Di sektor skutik pun Yamaha mampu menjadi yang terdepan dalam menghadirkan terobosan. Meskipun Mio series kini sangat kedodoran setelah akhirnya tumbang oleh skutik Honda, kejayaan Mio sepertinya akan diulang skutik terbaru Yamaha yang sangat canggih dan berkelas. Pertama adalah Yamaha NMax yang sudah dibekali teknologi terkini termasuk mesin Blue Core dan pengereman cakram dan Antilock Braking System. Selanjutnya ada Yamaha Soul GT 125 yang tampil makin jantan dan maskulin. Terakhir, di segmen bebek sport, Yamaha kini seolah ingin membangkitkan kedigdayaan RX King dengan mereinkarnasinya dalam wujud Yamaha MX King 150.

Sayangnya, popularitas melonjak beberapa produk Yamaha terkadang terlihat seperti bumerang yang membunuh sendiri si empunya produk. Antusiasme yang tinggi dari banyak calon pembeli menjadikan mereka potensial sekali untuk dipermainkan. Sudah jadi cerita lama di kalangan pengintil berita otomotif bahwa Yamaha Vixion di masa jayanya sering sekali dijadikan “tambang uang” instan dengan memaksa calon pembeli menebusnya secara kredit kalau ingin cepat-cepat meminangnya.

photo credit: bergandengantangan.wordpress.com

photo credit: bergandengantangan.wordpress.com

Hasrat yang menyala ditambah kekhawatiran tidak kebagian mengingat “ancaman” stok terbatas menjadikan calon pembeli tak punya pilihan lagi, padahal mereka sudah siap dengan segepok UANG TUNAI! Hal yang sama kini sedang terjadi pada Yamaha NMax. Citra sebagai skutik global karena turut diekspor menjadikan Yamaha NMax laris diinden di mana-mana. Inden akan dipangkas atau bahkan ditiadakan sama sekali kalau mau membayarnya secara kredit. Lagi-lagi calon pembeli dirugikan dengan asas “aji mumpung” seperti ini.

Khusus tentang Yamaha NMax ini, jika pemaksaan secara halus agar memilih kredit sebagai cara meminang satu unit Yamaha NMax dengan alasan stok yang terbatas, ini akan menjadikan harga Yamaha NMax perlahan-lahan naik secara tidak resmi meskipun kelak akan dianggap resmi. Kenaikan tak terasa itu bisa disebabkan oleh pelanggan yang memutuskan menambah beberapa juta lagi dari harga tunai yang berlaku saat ini agar bisa segera mendapat satu unit tanpa harus terbebani angsuran bulanan selama beberapa tahun. Pada akhirnya, jika praktik itu terjadi dan dibiarkan, Yamaha Nmax tak akan sefenomenal sekarang dibandrol di bawah 30 juta. Yamaha NMax jika terdampak praktik upping, perlahan-lahan akan seperti Honda PCX.

Advertisements

13 comments on “Jika Terus Begini, Citra Yamaha Akan Rusak Dalam Jangka Panjang

  1. tadinya pengin beli Nmax, udah ubek2 sekitaran tangerang. semua katanya indent & gak tahu kapan bisa dapet unitnya, apalagi klo mo pesen warna, beuh bisa tahun depan baru dapet kali…! akhirnya pilih vario150 aja seminggu dah dikirim. masih ada sisa uang 7 jeti beliin gelang buat bini, dah deh mesam mesem aja dia….!

    • Nyarinya gak niat…. Rugi ente beli Vario150. Mending beli Vario125 Model dan fitur sama dg 150, harga bisa hemat 2,5 jutaan. Tarikan? 125-150cc … 11-12 Bero !!! Malah dibetot si Kobay, Vario150 udah ngeden di 100 kmpj …. (Jadilah konsumen Cerdas !!!)

  2. Itulah kerugiannya kalo kebanyakan miara varian model. Seharusnya pihak YIMM bisa memanage kembali utk menyesuaikan kapasitas produksi dgn demand pasar. Varian yg gak produktif lbh bijaksana kalo disuntik mati aja drpd membebani kapasitas produksi yg hrsnya bisa dialihkan ke varian yg demandnya besar. Ngapain ikutan gaya jualan Astra yg miara varian sebanyak2nya??? Coba kita lht varian model yg dijual YIMM, Mio series, ada brp banyak? Untung aja saya gak tertarik utk membeli motor Mio series, krn saya yakin bakalan puyeng mau milih yg mana.
    Utk kasus N-Max, saya yakin emang bakal banyak oknum sales yg memanfaatkan peluang utk nyari sampingan. Dan apesnya saya sampe saat ini blm bisa jg mengelus2 body N-Max, krn bbrp dealer yg saya lewati kaga ada unitnya satupun, wkwkwkwkwkkkkkk……

  3. Kan udah dibilang Yamaha itu pabrik yg berorientasi dealer bukan konsumen…..buat Yamaha lebih penting punya dealer banyak ketimbang punya konsumen banyak….:-)

  4. Pingback: Bukan Mustahil Kalau Kamu Sudah Mantap Pilih NMax Tapi Akhirnya Malah Beli Vario 150. FAKTA! | ArDa

  5. Pingback: Parade Skutik Hebat Dan Keren Tapi Gagal Brojol Di Indonesia Karena Diaborsi Pabrikannya Demi Kue Market Share Dan Selera Awam | ArDa

  6. Pingback: Gagal Rontokkan Ninja 250R, Suntik Mati Euthanasia Sudah Menanti R25 Demi NMax | ArDa

  7. Pingback: Simak Kultwit Singkat Perihal Suspensi Keras NMax | Arif Dadot

  8. Pingback: Yamaha Movistar Sepakat Urusan Merchandise Kini Dikelola Rossi | ARIFDADOT.COM

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s