Mercedes Kembali Meyakinkan, Tapi Balapan Pembuka Milik Para Rookie

arifdadot.com – GP Australia yang diadakan di sirkuit Albert Park, Melbourne, selalu mengawali musim balapan F1. Dan seperti musim-musim terdahulu, GP Australia selalu dihelat di bulan Maret. Balapan yang baru saja tuntas dua hari itu di sirkuit Albert Park, Melbourne, tidak menghadirkan kejutan penting. Setelah tampak meyakinkan di tes pra-musim yang dilangsungkan di Jerez dan Barcelona, tim Mercedes kembali melanjutkan tren positif tersebut.

mobil mercedes gp, F1 W06 hybrid

mobil mercedes gp, F1 W06 hybrid

Tim yang bermarkas di Brackley itu finis 1-2 dengan menempatkan Lewis Hamilton dan Nico Rosberg ada di posisi kedua. Mercedes GP masih terlalu tangguh, sama seperti musim 2014, untuk dikalahkan tim lain yang sekadar mengimbangi pun masih kesusahan. Mobil Mercedes GP, F1 W06 Hybrid, di samping cepat, juga andal, sehingga sanggup tahan lama dalam kecepatan tinggi.

Namun, kemajuan signifikan yang ditunjukkan tim asal Maranello, Scuderia Ferrari, selama tes pra-musim turut pula terbawa hingga ke balapan resmi. Sebastian Vettel yang baru mengawali karir balapnya bersama tim kuda jingkrak itu sukses menorehkan prestasi terbaiknya dalam semusim terakhir. Vettel mengisi podium terakhir meskipun selisihnya dengan dua pembalap pertama begitu lebar. Hasil podium tiga itu jelas membawa dampak positif sangat besar bagi tim yang kini dipimpin Maurizio Arrivabene setelah terutama musim lalu luluh lantak. Meskipun mungkin sulit menandingi kecepatan mobil Mercedes GP, F1 W06 Hybrid, tim Ferrari dan Vettel boleh yakin kalau musim ini mereka mampu memberikan perlawanan yang sengit.

podium GP Australia 2015 sirkuit Albert Park Melbourne

podium GP Australia 2015 sirkuit Albert Park Melbourne

Di luar dari posisi podium tersebut, barulah tersisa poin-poin recehan yang diperebutkan para pebalap dengan mobil yang medioker. Namun, di sinilah kejutan penting itu berada. Posisi keempat hingga posisi poin terakhir, yaitu sepuluh, cukup banyak diisi pebalap “antah-berantah’ yang bahkan sepanjang musim lalu berlangsung tak banyak dibicarakan. Felipe Nasr menguntit di belakang seniornya sesama pembalap Brasil, Felipe Massa, di posisi kelima. Itu merupakan capaian terbaiknya saat menjalani debut perdana di balapan F1 musim ini. Prestasi Nasr itu lebih baik dari pebalap favorit publik tuan rumah, Daniel Ricciardo, yang harus puas mengemas poin posisi keenam. Selain Nasr, rookie lainnya pun tak kalah hebatnya. Carlos Sainz yang turut menjalani debutnya bersama tim Toro-Rosso meraup poin perdananya dengan merebut posisi sembilan di depan pebalap Force India, Sergio Perez.

Rookie terakhir yang tak boleh dikesampingkan jelas adalah Vettel. Meskipun ia juara dunia empat musim berturut-turut, musim ini adalah balapan perdananya berbaju Ferrari. Dan dengan torehan prestasi podium ketiga, Vettel jelas membukukan prestasi luar biasa setelah melihat performa Ferrari yang “facepalm” musim lalu.

Sebenarnya, Mc-Laren pun layak diapresiasi. Tim ini memutuskan bercerai dari Mercedes dan memilih bernostalgia dengan pemasok mesinnya di era ’90: Honda. Jadi, menurut Azrul Ananda, posisi ke-11 yang direbut Jenson Button layak pula dipestakan!

Balapan F1 berikutnya akan dihelat di sirkuit internasional Sepang di Malaysia dalam pekan ini.

Advertisements