Microsoft Kalap, Banjiri Pasar Dengan Lumia Super Terjangkau Dan Tinggalkan Sejenak Lumia Kelas Atas

arifdadot.com – Sebagai raksasa perangkat lunak dan sistem operasi, siapa yang berani meragukan kemampuan Microsoft? Tapi kalau bicara produsen ponsel, nanti dulu. Microsoft pernah mencobanya dengan perangkat Kin tapi gagal. Juga pernah menantang PlayStation dan Nintendo berbekal XBox namun tidak terlalu berhasil. Tapi kini perusahaan Redmond datang dengan amunisi dan strategi baru.

Lumia 430 sebelah kiri, Lumia 435, sebelah kanan, photo credit: windowscentral

Lumia 430 sebelah kiri, Lumia 435, sebelah kanan, photo credit: windowscentral

Setelah sukses mengakuisisi Nokia dengan harga “fantastis”, Microsoft seperti bertekad untuk habis-habisan di pasar ponsel pintar. Dan tanpa mengesampingkan nama yang pernah melekat bersama Nokia, Microsoft memutuskan melanjutkan ponsel pintar Lumia. Usaha pertama pasca akuisisi Nokia adalah Lumia 535 yang menandai debut Microsoft menantang Android dan iPhone. Meskipun tidak sukses-sukses amat, bukannya jera Microsoft seperti kesetanan dengan menggelontorkan seri Lumia selanjutnya.

Sementara Lumia 640 dan Lumia 640 XL belum akan beredar dalam waktu dekat, Microsoft langsung tancap gas dengan merilis dua produk Lumia sekaligus: Lumia 532 dan Lumia 435. Keduanya dibandrol di bawah USD 100 (sebelum pajak dan subsidi). Lumia 435 bahkan kini sedang dalam masa pre-order yang ditawarkan oleh banyak gerai toko online, termasuk BliBli, Lazada, dan Cipika dengan harga 799 ribu sampai 899 ribu.

Seakan tak puas di situ, Microsoft baru-baru dikabarkan kembali merilis Lumia ultramurahnya, kali ini berlabel Lumia 430. Lumia 435 dan Lumia 435 jelas adalah pinang dibelah dua karena tak ada perbedaan signifikan di antara keduanya kecuali bahwa Lumia 430 lebih mirip Lumia 530 sementara Lumia 435 yang lebih kaku sudut-sudutnya cenderung menyerupai Nokia Android X. Spesifikasi resmi Lumia 430/435 adalah:

spesifikasi resmi Lumia 430/435, photo credit: windowscentral

spesifikasi resmi Lumia 430/435, photo credit: windowscentral

Dari gambar spesifikasi kedua Lumia itu, jelas tak ada yang istimewa. Di era Android yang menghegemoni dengan bandrol murah tapi spesifikasi melimpah, tak banyak sebenarnya yang dapat diharapkan dari kedua Lumia untuk sekadar menyaingi Android One proyek dari Google. Meskipun Android One dibandrol murah, Lumia masih kalah dalam hal kamera dan prosesor yang digunakan. Dua hal yang mungkin jadi tawaran menarik untuk menebus satu unit Lumia ekstra murah ini adalah pengalaman baru ber-Windows Phone. Selain itu, jaminan Microsoft bahwa Lumia semurah ini bakal dapat upgrade ke Windows 10 tentu sulit untuk ditepis.

Advertisements

5 comments on “Microsoft Kalap, Banjiri Pasar Dengan Lumia Super Terjangkau Dan Tinggalkan Sejenak Lumia Kelas Atas

  1. Pingback: Masa Depan Suram Perangkat Lumia Dengan RAM 512 MB | daspero

  2. Pingback: Mitos Sesat Windows 8.1 Beroperasi Mulus Harus Diluruskan Agar Tidak Menyesatkan | Arif Dadot

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s