Gagal Rontokkan Ninja 250R, Suntik Mati Euthanasia Sudah Menanti R25 Demi NMax

arifdadot.com – Sejak Vixion pertama kali diluncurkan pada 2007, Yamaha makin tak terkejar di segmen motor sport. Vixion sukses menetapkan standar bagaimana seharusnya motor sport itu dibuat: mesin injeksi dan rangka twin spar (DELTABOX), dan kapasitas 150cc. Kita saksikan bersama betapa Honda Tiger dan Honda Megapro yang begitu digdaya bersama Suzuki Thunder yang murah meriah harus bertekuk lutut di hadapan Vixion.

Yamaha-YZF-R25-Racing-Blue

Keperkasaan Vixion tidak terusik hampir selama satu dekade terakhir dan bahkan sang pengganti pun sedang disiapkan. Tak hanya Vixion yang berkontribusi pada keunggulan Yamaha di segmen motor sport, sebenarnya. Yamaha juga menyediakan motor sport untuk memperkuat dominasinya di segmen motor sport. Satu di antaranya, dan terbaru, adalah Yamaha R25.

Namun laksana langit dan bumi, performa Vixion dan R25 di penjualan begitu jomplang. Meskipun sangat cepat di lintasan Sentul, Yamaha R25 begitu letoy dalam penjualan. Di saat Yamaha Vixion yang rumor suksesornya sudah berembus masih sanggup terjual 26.546 unit dan diakui sebagai penurunan drastis, Yamaha R25 sungguh mengenaskan penjualannya, hanya terjual sebanyak 515 unit saja. Ini jelas tidak sebanding dengan sesumbar dan koar-koar saat perilisan perdana silam kalau Yamaha R25 akan sanggup menjungkalkan Ninja 250R yang menguasai segmen motor sport seperempat liter.

Yamaha NMax front right small, courtesy of 7leopold7.com

Yamaha NMax front right small, courtesy of 7leopold7.com

Mulut besar Yamaha R25 tampaknya sukses dibungkam Ninja 250R yang tanpa banyak koar-koar dan sesumbar namun tak terusik di puncak. Fakta ini mungkin layak membuka pikiran para petinggi YIMM kalau Yamaha R25 tampaknya lebih cocok untuk ekspor saja yang sanggup melego 5.295 unit, mungkin dilempar ke pasar mancanegara yang warganya sudah bosan dengan Ninja 250R.

Berkebalikan dari Yamaha R25, skutik bongsor NMax terus menuai sukses meskipun keduanya merupakan produk relatif baru. Di bulan perdana NMax dirilis, sebanyak 1.916 unit sukses berpindah tangan ke konsumen. Rinciannya adalah konsumen DKI Jakarta kebagian 669 unit Nmax, Jawa Timur mengantar 289 unit Nmax dan terakhir akan ada 271 konsumen di Jawa Barat yang bakal wira-wiri dengan skutik NMax berteknologi VVA, pengereman ABS dan rem cakram, dan serta berkapasitas 155 cc itu.

Mengingat NMax sedang panas dengan inden mengular namun pasokan sangat terbatas yang berpotensi ada diler nakal, wajar saja kalau lini produksi R25 bisa saja dialihkan untuk kepentingan produksi NMax agar permintaan terpenuhi dan konsumen tidak berpaling ke skutik kompetitor.

Advertisements
This entry was posted in Transisi on by .

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4

13 thoughts on “Gagal Rontokkan Ninja 250R, Suntik Mati Euthanasia Sudah Menanti R25 Demi NMax

  1. Arlong

    alasan kurang laku IMHO :
    – Monoshock tanpa link
    – sasis pipa ledeng, sementara R-Series identik dg Deltabox
    – PHP Klaim Horse Power yg katanya sanggup 36 PS dan diperparah bukti otentik R25-nya bro Leopold kala itu.
    – Modelnya sport-touring kurang Racy (additional)
    – engine gak pake teknologi crossplane philosophy 270 derajat (debatable), sementara Crossplane bisa dibilang adalah Trade Mark-nya Yamaha.

    Reply
  2. kodokijo

    Penyebabnya mungkin kurang beraura moge bila dibandingin ama Ninja. Setau saya motor merk Kawasaki emang dari dulu bongsor dan berat, sport bikenya lho ya. Contoh aja Kawasaki (Binter) AR 125 dan Binter Merzy di era 80an. Walau handlingnya R25 termasuk superb, tp akhirnya tetep aja disain dan aura moge look yg berbicara.
    Tepat sih seperti perkiraan saya, bahwa demam R25 itu hanya euforia sesaat, maklum aja krn model baru, jadi banyak yg pengen nyicipin, seperti saya jg. Saya pernah kok miara selama 3 bln sblm akhirnya ditawar ama temen.
    Bahkan saat CBR 250R muncul, yg walaupun katanya dgn mesin yg hanya 1 silinder krg menarik, tp kan tetep aja terjadi euforia sesaat yg dikarenakan banyak yg penasaran pengen jajal. Namun setelah bbrp bln langsung kelihatan kondisi market demand yg sesungguhnya.

    Reply
  3. Pingback: Simak Kultwit Singkat Perihal Suspensi Keras NMax | Arif Dadot

  4. Pingback: Kemenangan Marquez penuh barokah di Misano dan pelajaran penting untuk FBY | ARIF DADOT

  5. Pingback: Mahal tapi hati tenteram atau murah tapi bikin emosi? | ARIF DADOT

  6. Pingback: Intip NM dan PR Saat Telanjang | ARIFDADOT

  7. Pingback: Ketika NM dan PR Tanpa Busana | ARIFDADOT

  8. Pingback: Merangkak Di Kemacetan, Tahukah Kamu Ini Mobil Apa? | ARIFDADOT.COM

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s