Masa Depan Suram Perangkat Lumia Dengan RAM 512 MB

arifdadot.com – Dalam minggu ini, berita yang paling sering menghiasi jagat TI adalah perilisan Android M. Meskipun demikian, bukan berarti hanya dia yang jadi bintang. Sudah berminggu-minggu belakangan ini, penggemar gadget sebenarnya antusias mengikuti perkembangan Windows 10 for Mobile. Sistem operasi yang bakal menjadi yang terakhir dibesut perusahaan Redmond, Microsoft, menjanjikan banyak perubahan radikal dibandingkan Windows Phone 8.1 saat ini.

Nokia Lumia 625 from Otomasi dengan Windows Phone 8.1

Nokia Lumia 625 dengan Windows Phone 8.1

Windows 10 for Mobile diyakinkan dapat berjalan pada perangkat Lumia dengan RAM 512 MB yang terbatas. Tapi bocoran dokumen terbaru tentang sistem operasi paling membuat penasaran itu bisa menimbulkan kecewa mendalam bagi pemilik perangkat Lumia bersangkutan. Ketika Microsoft berjanji semua perangkat Lumia lawas tetap kebagian Windows 10 for Mobile, pemilik Lumia dengan RAM 512 MB sepertinya tidak akan mendapat pengalaman Windows 10 for Mobile selengkap perangkat Lumia dengan RAM 1 GB ke atas.

Beberapa aplikasi akan rutin menampilkan layar “…..resuming….” (kita boleh membayangkannya sebagai lag di Android). Selanjutnya, ada gambar HDR (high dynamic range). Di Lumia dengan RAM 512 MB kualitasnya akan lebih rendah karena hanya membidik tiga foto ukuran 5 MP, bukan lima foto ukuran 8 MP. Aplikasi navigasi akan menjadi korban berikutnya saat Windows 10 for Mobile diinstal di Lumia dengan RAM 512 MB ketika dijalankan di background. Jika RAM demikian menyusut, maka aplikasi akan direstart. Hal ini tidak berlaku untuk aplikasi foreground. Lalu, aplikasi VoIP seperti Skype, juga bakal terpengaruhi persis seperti aplikasi navigasi.

Lumia 430 sebelah kiri, Lumia 435, sebelah kanan, photo credit: windowscentral

Lumia 430 sebelah kiri, Lumia 435, sebelah kanan, photo credit: windowscentral

Tidak heran kalau kemudian di produk Lumia selanjutnya, Microsoft membenamkan RAM 1 GB meskipun untuk kelas low end. Saatnya melirik Lumia 435/430 dan tinggalkan Lumia 625? 😆

sumber: gsmarena

Advertisements

13 comments on “Masa Depan Suram Perangkat Lumia Dengan RAM 512 MB

  1. Pingback: Mitos Sesat Windows 8.1 Beroperasi Mulus Harus Diluruskan Agar Tidak Menyesatkan | Arif Dadot

  2. Pingback: Berpaling Lagi Ke Lumia Dan Windows Phone | ARIF DADOT

  3. Pingback: Kelemahan fatal Windows Phone | ARIF DADOT

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s