Anti Jemuran, Ini Cara Sebar Blog Sendiri Yang Tidak Meresahkan

Saat keasyikan ngeblog mulai merasuk lebih banyak orang, keinginan agar blog masing-masing lebih dikenal luas pun turut timbul. Hasilnya, timbul istilah jemurmenjemur, yang mengacu pada aksi menempelkan tautan postingan blog di kolom komentar blog yang sudah mapan. Namun, kini aksi jemurmenjemur cenderung bernuansa negatif karena dianggap sebagai kegiatan nyampah bagi beberapa orang lain mengingat dilakukan di media sosial secara masif dan (hampir) tak terkontrol. Disebut nyampah karena dilakukan di grup Facebook yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan tulisan postingan itu.

Sementara soal jemurmenjemur di grup Facebook terus jadi polemik, sebenarnya ada cara lain yang terlihat lebih pantas dilakukan sekaligus menghindari pertentangan tajam dari mereka yang kontra dengan menulis blog demi meraup dollar, dan bukan hobi atau kesenangan, sehingga menabrak etika dan perasaan orang lain. Cara tersebut adalah menempelkan semua tulisan blog sendiri di postingan yang sedang ditulis. Dengan kata lain, kita melakukan track back di blog kita sendiri. Cara ini persis meniru praktik yang ada di Wikipedia. Silakan cek sendiri bahwa di uraian tertentu Wikipedia pasti ada banyak tautan yang disematkan di dalam tulisan itu.

Pada praktiknya, tidak perlu kaku dalam meniru contoh dari Wikipedia itu. Cukup andalkan bantuan Google, kita bisa memperkaya satu postingan kita dengan banyak postingan blog kita sendiri sebelumnya. Caranya seperti ini (asumsinya teman-teman sudah berada di beranda Google:

Ketik di kotak pencarian: site:[nama blog][spasi][kata yang hendak dicari]

contoh:

site:arifdadot.com casey stoner

Praktik ini pastinya tidak membatasi jumlah tautan yang bakal disematkan. Bahkan seluruh blog yang isinya 1000 postingan ingin disertakan di satu tulisan sah-sah saja. Ini sekaligus kelemahannya: Bisakah kita telaten menelusuri satu demi satu kata, lalu menempelkannya di fitur Insert/Edit Link lalu setelah di dalamnya mencentang Open Link in a new window/tab, di saat dorongan menaikkan hits begitu mendesak layaknya keinginan BAB yang sudah tidak dapat ditahan lagi? 😆

The choice is yours!

Advertisements
This entry was posted in Transisi on by .

About ardot

Arif Rakhman (a.k.a ardaisme) is an English-Indonesian translator, capable of handling up to 5000 words a day on various topics and fields of interest. Shall you have urgency in translation, he can be contacted at saya@arifdadot.com for further discussion.

7 thoughts on “Anti Jemuran, Ini Cara Sebar Blog Sendiri Yang Tidak Meresahkan

  1. Pingback: Dongkrak Trafik Blogmu Dengan Trik Related Article | ARIF DADOT

  2. Pingback: Coba pahami cara kerja Related di WordPress | ARIF DADOT

  3. Pingback: Kamu pesimistis kans Rossi di Valencia? Baca ini dulu tentang Lorenzo agar semangat lagi dukung the doctor | ArDa New[s]Blog

  4. Pingback: Adakah Sosok Bisma Di Ranah Blogosphere? | ARIFDADOT.COM

your comment here

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s