Sampai Ada Evolusi Signifikan Di Indonesia, Motor Tetap Haram Masuk Jalan Tol

Wacana yang sedang mengemuka belakangan ini adalah tuntutan agar kendaraan roda dua alias motor diperbolehkan masuk jalan tol. Pertimbangannya adalah bahwa setiap pengguna jalan sebaiknya jangan mengalami diskriminasi. Ditambah dengan daya beli yang terus meningkat di antara sebagian kalangan untuk menjangkau motor kubikasi besar (moge), desakan ini semakin menguat untuk segera diwujudkan.

Memang saat ini ada jalan tol yang telah membolehkan sepeda motor melintas di situ. Mengutip tulisan pak Edo, jalan-jalan tol tersebut adalah

  1. Jembatan tol Suramadu yang menghubungkan Surabaya dengan pulau Madura, dan
  2. Jalan tol Bali Mandara yang menghubungkan Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa.

Meskipun kedua jalan tol di atas dapat dijadikan dalih atau alasan untuk segera mengizinkan sepeda motor masuk jalan tol di seluruh sebagian Indonesia, bukan berarti tuntutan ini dapat mudah dikabulkan. Kedua jalan tol sudah dilengkapi jalur khusus sepeda motor dan inilah yang belum ada di mayoritas jalan tol yang telah lama beroperasi. Tentu sangat berbahaya menyatukan motor dan mobil dalam satu jalan tol tanpa pemisah dengan kemampuan melaju dan keseimbangan yang sangat jomplang.

Kesopanan dan kesantunan para pengendara sepeda motor saat berkendara menjadi alasan berikutnya izin masuk jalan tol bagi sepeda motor untuk saat ini masih sulit dikabulkan. Kebiasaan menyalip tanpa memberikan isyarat, menyalip seenaknya adalah hal-hal yang semakin berbahaya jika terjadi di jalan tol. Ini belum ditambah dengan, dalam kondisi tanpa pemisah, risiko dari kendaraan roda empat atau lebih yang seringkali tak melihat keberadaan pengendara motor yang berpotensi menggilas mereka.

Terakhir, masih berkaitan dengan perilaku berkendara penunggang sepeda motor. Dengan tayangan MotoGP yang mendunia, dorongan untuk menjadi seperti para pebalap jagoan macam Valentino Rossi, Marc Marquez, atau Jorge Lorenzo sangat tidak bisa dielakkan. Jalan tol yang terkadang punya lintasan lurus yang panjang (misalnya, tol Cipali yang paling akhir diresmikan) sangat menggoda untuk gaya-gayaan menguji kecepatan puncak secara ilegal.

Sungguh, seperti jalan tol Cipali yang begitu jauh terbentang, usaha untuk melegalkan sepeda motor masuk jalan tol masih jauh dari kesuksesannya.

Advertisements

2 comments on “Sampai Ada Evolusi Signifikan Di Indonesia, Motor Tetap Haram Masuk Jalan Tol

  1. Pingback: Jalan Tol Diubah Dulu Baru Motor Boleh Masuk | Arif Dadot

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s