Advertisements

Jalan Tol Diubah Dulu Baru Motor Boleh Masuk

Melanjutkan dari pengharaman motor masuk jalan tol, mari dibahas hambatan apa saja yang masih menghadang keinginan pragmatis segelintir kelompok agar motor mereka dilegalkan ke jalan tol. Satu yang paling mencolok tentu saja adalah infrastrukturnya.

jalur khusus sepeda motor jembatan suramadu sumber: lensaindonesia.com

jalur khusus sepeda motor jembatan suramadu
sumber: lensaindonesia.com

Jalan tol harus disediakan jalur khusus sepeda motor, agar tidak ‘ikhtilath’ dengan mobil dan kendaraan lebih dari empat roda. Sejauh ini, baru jembatan tol Suramadu dan tol Mandira di Bali yang sudah menyediakan jalur khusus sepeda motor.

Karena mayoritas jalan tol di Indonesia belum ada jalur khusus itu, perombakan besar-besaran perlu dilakukan. Kalau ini dilakukan tentu akan menghambat mobilitas saat ini yang terasa belum terakomodasi dengan baik. Ditambah hari raya setiap tahun, tentu penambahan jalur seperti itu tidak bisa diwujudkan dalam waktu dekat.

jalur khusus sepeda motor di tol Mandira, Bali sumber: balisoulmate.com

jalur khusus sepeda motor di tol Mandira, Bali
sumber: balisoulmate.com

alternatifnya mungkin adalah membuat jalan tol benar-benar baru. Ini pun bukan solusi instan. Jalan tol yang baru saja dituntaskan butuh waktu lebih dari satu dekade untuk terwujud. Katakanlah semua perizinan lancar, giliran dananya yang susah diperoleh.

Untuk saat ini, motor dan pengendaranya memang harus rela bergerombol bersama sesama pengguna jalan umum, ketimbang berharap banyak diperbolehkan masuk jalan tol dalam waktu dekat ini.

Advertisements

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s