Ada Apa Denganmu, Djarum?

Djarum sudah menjadi salah satu legenda di Indonesia. Bersama duo Bentoel Biru dan Surya (dari Gudang Garam), Djarum turut menemani bocah-bocah polos yang kini sudah menggandeng bocah dari darah dan daging mereka sendiri dalam pencarian jati diri mereka yang keliru.

Layak dibaca Tepat sekali kalau berpikir bahwa Djarum merupakan merek rokok yang telah lama hadir di bumi Indonesia, bahkan dikenali juga oleh mereka yang tidak tertarik mengisap asap pembakaran tembakau ini.

Judul di atas bukan untuk membahas komitmen setengah hati Djarum dalam mengurangi jumlah perokok di Indonesia. Atau, mempertanyakan itikad baik produsen dari Kudus untuk menjaga anak-anak di bawah umur dari terpapar rokok secara mencolok. Judul di atas tertuju untuk iklan ramadan yang dibuat Djarum yang terasa ‘melenceng’ dari pakemnya Djarum selama ini.

baca jugaCoba perhatikan tayangan YouTube di atas. Itu adalah iklan terbaru Djarum dalam rangka Ramadan tahun ini. Itulah yang melatarbelakangi pertanyaan seperti di film garapan Rudi Sudjarwo: Ada Apa Dengan Cinta? Iklan tersebut terlihat berbeda dibandingkan iklan-iklan Ramadan Djarum sebelumnya. Iklan itu mirip sekali dengan video-video inspiratif dari luar negeri. Satu yang paling menonjol kemiripannya adalah dari Vest Life:

Pesannya memang mengandung kebaikan, tapi kesannya jadi seperti iklan Djarum terbaru itu ‘terinspirasi’ iklan Vest Life, bukan asli ide sendiri seperti iklan-iklan Ramadan Djarum beberapa tahun ke belakang. Misalnya seperti ini.

Mungkin di era yang sepertinya semua dituntut untuk cepat dan gegas, orang jadi tak sempat punya waktu untuk berpikir sejenak, meskipun untuk hal sederhana tapi penuh makna. Misalnya, seperti ini.

Advertisements

2 comments on “Ada Apa Denganmu, Djarum?

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s