Efek Samping Banyak Minum Air Putih

Meskipun secara kasat mata tubuh kita kebanyakan adalah daging (bersama kulit) dan tulang, faktanya penyusun utama tubuh kita adalah air (cairan). Sekitar 70% komponen yang ada di tubuh kita adalah air. Itulah sebabnya kita sangat dianjurkan untuk menjaga keseimbangan alami tubuh kita itu.

Dua gambar di atas semakin menegaskan arti penting air bagi tubuh kita. Dalam keseharian, kita dianjurkan untuk menenggak kira-kira 2 liter air. Di samping menjaga tubuh kita tetap terhidrasi dan terhindar dari dehidrasi, pasokan air yang cukup membantu organ tubuh berfungsi dengan baik.

Sayangnya, terkadang karena kesibukan yang menyita waktu, anjuran ini seringkali diabaikan. Ini tak lepas dari efek samping yang ditimbulkan jika menenggak air dalam jumlah banyak dan cukup sering. Kita pasti akan lebih sering pipis. Tapi ini sebenarnya malah bagus karena memperingan kerja ginjal karena tidak harus menyaring bahan-bahan berat dan padat serta keras.

sumber: sidomi

sumber: sidomi

Menurut pengalaman sendiri, keinginan buang air kecil biasanya muncul sekitar satu jam setelah minum segelas air. Dorongan untuk pipis akan semakin dahsyat apabila lebih banyak air diminum dan lebih singkat intervalnya, mungkin sekitar setengah jam. Pipis setiap jam mungkin berlangsung tiga hingga empat kali sebelum kembali normal.

Mungkin itulah sebabnya beberapa orang memilih mengurangi asupan air putih agar tidak mengganggu kesibukan mereka. Pekerjaan yang dirasa penting jangan sampai terganggu dengan panggilan alam untuk segera ke toilet/kamar kecil.

Sayangnya, jika kebiasaan kurang mengasup air minum terus dipertahankan, dampaknya lebih membahayakan daripada harus bolak-balik ke kamar kecil untuk pipis. Kerja ginjal akan makin berat. Begitu pula, pengangkutan nutrisi dalam tubuh yang mengandalkan cairan.

Meskipun demikian, menahan pipis pun bukan kebiasaan yang bagus pula. Jika rutin mengasup air minum tapi dorongan pipis lebih sering ditahan, itu pun sama buruknya. Paling aman adalah begitu terasa ingin pipis segeralah ke kamar mandi untuk menuntaskannya.

Advertisements

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s