Dongkrak Trafik Blogmu Dengan Trik Related Article

Setelah blog sudah jadi, tentu langkah selanjutnya adalah mendatangkan trafik kunjungan pembaca ke blog kita itu. Syukur-syukur kalau lantas pembaca rutin bertandang ke blog kita karena tulisan yang kita bagikan. Selain konten yang sudah pasti menentukan jumlah pembaca, trik lain perlu juga untuk mendatangkan pengunjung.

artikel lainnya

sumber: irelandwebsitedesign.com

sumber: irelandwebsitedesign.com

Di era di mana media sosial begitu menjamur, berbagi di berbagai situs web jaringan sosial mungkin adalah langkah instan. Belakangan, cara tersebut banyak dikecam sesama pengguna media sosial, meskipun kemutlakannya masih diperdebatkan. Sebelumnya, saya sudah pernah menulis salah satu triknya, setelah trik yang lebih dulu ditemukan ternyata tidak sukses.

Kini saya ingin berbagi trik serupa untuk meningkatkan trafik kunjungan.

Trik terbaru ini saya temukan setelah melihat beberapa blog sesama blogger otomotif. Misalnya di blog kondang mang kobay juragan the meries. Juga ada di kang Madjid. Dipadukan dengan tips dari tim WordPress, jadilah sebuah trik yang boleh dianggap baru 😆

WordPress menyediakan kode sederhana yang bisa membantu memunculkan artikel terkait, dalam hal ini dengan bantuan tag dan category. Pilihannya adalah category agar tampilannya statis di setiap postingan/artikel. Ini berbeda dari tag yang bersifat dinamis karena saat kita ingin tampilkan sekumpulan postingan tertentu dalam postingan yang sedang ditulis, maka postingan yang sedang ditulis ikut tampil juga.

Kodenya sederhana, seperti ini:

buka kurung siku [ display-posts category=(nama kategori, tidak perlu tanda kurung) tutup kurung siku ]

Kalau sudah begini, kita bebas menaruh artikel yang dimasukkan dalam kategori yang ada dalam kode related article itu.

artikel lainnya

Namun, tentu saja trik ini tidak lepas dari kelemahan. Kita harus membuat banyak kategori untuk menampung artikel blog kita yang mungkin sudah ribuan. Ini karena menyisipkan related articles dalam suatu postingan jangan kebanyakan (maksimal empat artikel) karena bisa mengganggu kenyamanan membaca. Solusinya mungkin adalah memilah artikel mana saja yang pantas ditampilkan. Tapi kalau memang semua artikel ingin ditampilkan, tidak ada jalan lain, kategori yang dibuat pun harus banyak. Catatan bisa dibuat untuk membantu memilah kategori mana saja yang sudah dipilih dan giliran berikutnya.

semoga bermanfaat.

7 thoughts on “Dongkrak Trafik Blogmu Dengan Trik Related Article

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s