Kandidat petahana terlalu kuat untuk dikalahkan

Sebelum masuk dalam tulisan inti, perlu dijelaskan di sini kalau petahana artinya adalah pihak yang berkuasa. Kata yang keren yang sering digunakan oleh para pengamat dan analis politik adalah incunbent. Kita mungkin sudah tahu kalau akhir tahun ini pilkada serentak untuk pertama kalinya akan diselenggarakan di seluruh Indonesia.

Petahana yang belum menjabat selama dua periode berturut-turut boleh bertarung lagi dalam pilkada selanjutnya. Memang dalam praktiknya sang petahana tidak bisa langsung menang meskipun telah berkuasa selama lima tahun sebelumnya. Tapi jika pengaruhnya sangat kuat, hampir dapat dipastikan kandidat petahana itu sulit dikalahkan.

Dengan kemampuan politiknya yang masih ada, petahana bisa memanfaatkannya untuk merebut simpati calon pemilih. Paling mudah adalah soal pembangunan. Daerah-daerah yang dinilai kurang infrastrukturnya akan ditingkatkan sehingga memudahkan akses warga. Jalan-jalan yang selama ini berlubang atau masih berupa makadam mendadak sudah dilapisi aspal mulus.

Jika penantang petahana tak punya program yang memikat, apalagi kalau ternyata hanya mulut yang manis, petahana akan kembali berkuasa untuk periode keduanya.

Arif Rakhman
Professional English-Indonesian Translator
Contact:
WhatsApp 082143168889
BBM 553AA755
E-Mail arifnrakhman@gmail.com

Advertisements

your comment here

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s