Memangnya ada terminal bis Ambar Ketawang di Nagari Ngayogyakarta?

Bicara tentang Jogja berarti bicara tentang salah satu tujuan wisata, pusat turisme. Dan sebagai kota/propinsi yang jadi jujugan para wisatawan lokal maupun mancanegara, segala infrastruktur pendukung harus tersedia.

Maka Jogja lengkap tersedia, mulai stasiun kereta api (Tugu dan Lempuyangan), bandara Adisutjipto, hingga terminal bis sudah dibuat (jangan pikir pelabuhan laut tidak ada di wilayah Jogja. Coba saja tanya-tanya mereka di kawasan pantai selatan soal rencana pembangunan pelabuhan kapal laut).

Khusus soal terminal bis, kita pasti sudah mafhum bahwa Umbulharjo adalah terminalnya. Memang sekarang Umbulharjo sepertinya telah digantikan perannya oleh Giwangan. Tapi umumnya orang-orang sudah paham bahwa keduanya (pernah) menjadi terminal bis antarkota-antarpropinsi di Jogjakarta.

Bagaimana kalau ternyata masih ada satu terminal bis lagi, selain dua di atas, yaitu Umbulharjo dan Giwangan? Rasanya tidak mungkin kalau ada satu terminal lagi selain keduanya mengingat terminal ketiga ini tidak pernah disebut-sebut. Faktanya adalah Ambar Ketawang, terminal ketiga itu, memang ada dan nyata di Jogjakarta, sampai sekarang.

Memang nama Ambar Ketawang sebagai nama terminal bis masih kalah populer dibandingkan dua terminal lainnya di Jogja yang telah lebih dulu terkenal itu. Ini karena terminal Ambar Ketawang sejatinya tidak ditujukan untuk semua bis dari dan ke Jogja, melainkan bisa dibilang digunakan secara privat oleh satu PO (perusahaan otobus). Itulah Efisiensi.

Efisiensi mungkin tidak seheboh Sumber Kencono yang melanglang lintas propinsi. Efisiensi memang melayani rute lintas propinsi juga, tapi Efisiensi tetap populer di kalangan mereka yang suka dengan pelayanan ramah, perjalanan yang nyaman dan menyenangkan, serta pengalaman bepergian yang berkesan.

Ambar Ketawang sendiri terletak di ujung barat Jogjakarta, persisnya di desa Ambar Ketawang (dari sinilah nama itu berasal). Lokasi ini strategis karena berkaitan dengan rute yang dilayani, yaitu di sebelah barat, meliputi kota Purwokerto, Purbalingga, dan Cilacap, tentu saja dengan bis Efisiensi.

Advertisements

11 comments on “Memangnya ada terminal bis Ambar Ketawang di Nagari Ngayogyakarta?

  1. ooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo
    baru tahuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu
    akuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  2. Pingback: Yogyakarta, nagari nan unik karena super paradoks | ARIF DADOT

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s