Advertisements

Salah paham soal recall R3 oleh NHTSA di Amrikiyah sono

Setelah sukses berperan sebagai FBS garis keras :mrgreen: kini gilirannya menyaru sebagai FBY militan yang membela produk terbaiknya :lol:. YZF-R3 adalah motor yang dirancang sebagai tambang uang baru untuk pabrikan garpu tala namun kini sedang dilanda isu tak sedap seputar recall di Amerika Serikat.

Cukup susah untuk menemukan sumber asli informasi recall ini. Mayoritas tulisan yang dapat dirujuk sudah menyimpulkan kalau ada kerusakan di triple clamp atas Yamaha R3. Namun, satu titik terang muncul dari asphaltandrubber yang memberikan tautan langsung ke NHTS.

Setelah membaca tautan NHTS, kesimpulannya ternyata tidak seperti yang telah ditulis selama ini.

  1. Judul kasus recall menggunakan kata “May”. Dalam bahasa Inggris, May ini cenderung bermakna antisipatif. Tidak mesti terjadi tapi buat jaga-jaga saja. Berpotensi juga kurang tepat, karena kalau disebut berpotensi sudah ada gambaran atau tanda-tanda yang jadi acuan. Sekali lagi, ini soal antisipatif atau berjaga-jaga.

    Contohnya begini. Suzuki Address itu skutik yang irit. Irit pasti laris. Tapi mereknya Suzuki. Citra Suzuki bagaimana? harga jual kembali pasti anjlok. Solusinya, digunakanlah “May” untuk menggambarkan peluang Suzuki Address di segmen skutik entry level dalam artikel: punya peluang tapi punya juga hambatan yang kadarnya pas.

    Contoh lagi. Suzuki Satria Young Star. Nama “satria” adalah garansi kecepatan, lincah, dan jago meliuk-liuk. Tapi Satria Young Star pakai suspensi stereo yang “enggak banget” sebagai motor super cepat seperti Satria. Akhirnya, dipakai lagi kata “May” untuk menjaga ekspektasi.

    Kembali ke soal recall R3. Tidak ada kasus kecelakaan. Tidak ada cacat produksi. Yamaha Amerika hanya mengantisipasi. Setelah diteliti, ternyata 16 unit R3 produksi Januari hingga Agustus 2015 sebaiknya diperbaiki. Mengapa produksi R3 sebelumnya tidak terkena recall? Itu pertimbangan mutlak Yamaha Amerika yang penjelasannya tidak diberikan secara gamblang.

  2. Yamaha Amerika yang meminta, bukan NHTSA yang perintahkan recall. Inisiatif Yamaha Amerika-lah yang memohon kepada NHTSA agar mengumumkan recall. Jika NHTSA yang duluan memerintahkan recall, itu biasanya ada keluhan dari konsumen.

Kalau kita ingin lebih jelas, mungkin perlu keterangan tambahan dari Yamaha Amerika terkait parameter atau variabel yang mereka gunakan sehingga memutuskan 16 Yamaha YZF-R3 terbaru itu harus direcall, dan tidak mencakup seluruh produksi R3 sejak pertama kali diluncurkan.

Demikian pula, Yamaha Indonesia yang konon ditunjuk sebagai basis produksi R3 secara global perlu mengeluarkan keterangan resmi terkait proses produksi YZF-R3 yang diekspor ke Amerika. Menarik juga untuk diikuti soal kondisi Yamaha YZF-R3 yang dijual di Eropa, berikut pertimbangan badan pengatur keselamatan transportasi di sana.

#BiarDikiraFBY
#TrusDishareFBH
#DanDihujatRamai2DiMedSos
#HitsPunNjeblug
#AkhirnyaWordAdsMeningkat 😆

 

Advertisements

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4

4 responses to “Salah paham soal recall R3 oleh NHTSA di Amrikiyah sono”

  1. arif dadot says :

    Affordable English-Indonesian Translator

    Arif Rakhman Professional English-Indonesian Translator Contact: WhatsApp 082143168889 BBM 553AA755 E-Mail arifnrakhman@gmail.com

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s