Cara jitu menekan kebiasaan merokok

Rokok menjadi salah satu isu penting yang sering dibahas untuk diperoleh solusinya. Meskipun tidak termasuk bahan berbahaya seperti narkotika, rokok telah menimbulkan masalah yang cukup pelik, baik bagi pelakunya maupun orang-orang di sekitarnya. Berbagai kampanye anti-rokok telah diluncurkan untuk mengurangi atau bahkan menghapus rokok, tapi sepertinya membentur tembok tebal. Memang sulit sekali mematikan kebiasaan yang telah mendarah daging karena dilakukan hampir sama dengan separuh usia hidup si perokok.

Namun itu bukan berarti kebiasaan merokok tidak bisa ditekan. Sering sekali kita sebenarnya mendengar sekali kalau si pelaku sudah niat berhenti. Kecanduan berikut semua efek sampingnya-lah yang membuat perokok yang telah berkomitmen kembali lagi mengisap lintingan tembakau itu. Tapi kalau pelaku perokok itu diberi insentif, mungkin saja dia bisa mengurangi kebiasaannya itu, dan bahkan benar-benar berhenti.

Kini ada salah satu insentif yang bisa diterapkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok. Si perokok diajak bepergian saja naik pesawat. Selain itu dapat mengurangi godaan untuk merokok, di dalam pesawat sendiri pasti tidak boleh merokok. Sekali terbang bolehlah menempuh jarak selama 2 jam. Setelah mendarat di satu bandara, segera dialihkan lagi ke pesawat selanjutnya untuk kemudian terbang lagi. Jika si perokok merasa pegal karena duduk terlalu, fisioterapis sudah disiagakan di bandara tujuan untuk merilekskan otot-ototnya.

Terbang terus tanpa sedikit saja santai di darat tentu membosankan dan bikin jenuh. Maka insentifnya dilanjutkan dengan berkunjung ke tempat-tempat yang menarik. Paling mudah di pantai, namun bukan berarti menutup peluang tempat menarik lainnya.

Bagaimana kalau ternyata masih tergoda untuk merokok? Misalnya saat sedang di bandara dalam situasi transit menunggu pesawat selanjutnya? Atau saat berjalan-jalan di tempat menarik yang biasanya begitu banyak orang sehingga sulit diawasi? Mudah saja. Semua biaya setara dengan semua perjalanan tadi harus langsung diganti. Dan untuk memantau di keramaian tentu tanpa diketahui sebuah GPS sudah dipasang, berikut satu unit drone terbang tanpa terdeteksi dalam ketinggian yang tidak disadari.

Advertisements

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4
This entry was posted in Transisi. Bookmark the permalink.

3 Responses to Cara jitu menekan kebiasaan merokok

  1. sugimasihada says:

    bagi bukan “perokok” akan mudah berbicara “solusi” berhenti “merokok”…

    bagi “perokok” akan mudah menemukan peluang lagi untuk kembali “merokok”…

    sebenarnya akan lebih mudah dan mendapatkan asumsi yang pasti sama ketika berbicara “dirokok”…

    jadi sonice gimana? #eeh

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s