Ngeblog tergantung niat, blog krisis identitas ini mencari arah pasti ke depan

Ini adalah artikel ke-999. Dalam operasi matematika sederhana, satu artikel berikutnya bakal menggenapkan 1000 artikel yang telah ditelurkan di blog ini. sebagai angka yang spesial (999 maupun 1000), tentu jadi suatu hal yang cukup istimewa kalau artikel di nomor tersebut dibuat tidak seperti biasanya. Di artikel ke-999 kali ini, (mungkin) akan dibeberkan banyak hal terkait rencana ke depan yang akan diterapkan pada blog sederhana ini.

Perubahan sudah disiratkan dalam blog ini. itu tampak dalam tema yang telah diubah. Sebelumnya adalah twenty ten, kini Nuntius-lah yang digunakan dalam blog ini. pemilihan nuntius awalnya terasa seperti sebuah keputusasaan dalam mencari tema yang tidak pasaran. Nyatanya, ada cukup banyak kejutan yang dihadirkan tema Nuntius. Soal ini akan dibahas di artikel terpisah. Semoga tidak lupa.

Mungkin ada tebersit tanya saat membaca sampai di sini: mengapa harus 999 dan 1000 untuk melakukan titik balik? Mengapa tidak dilakukan begitu saja sekenanya? Untuk dua pertanyaan ini jawabannya hanya satu: bukan soal momentum, tapi lebih kepada kesempatan yang sedang terbentang lebar. Menilik halaman statistik blog inilah yang jadi alasan melakukan titik balik pada blog ini.

Blog ini mayoritas ditulis dalam bahasa Indonesia. Namun saat iseng menatap asal negara pengunjung blog ini, amerika serikat sesekali berada di urutan teratas. Mungkin kita bisa beralasan bahwa (mungkin) mereka semua itu spammer, tapi mengapa tidak sekalian saja blog ini dipromosikan menggunakan bahasa pergaulan internasional itu. Lagipula dengan bahasa inggris pula saya bekerja. Jadi mengapa tidak sekalian dimanfaatkan? Apalagi dengan banyak media sosial yang menjamur belakangan ini, rasanya mudah untuk menjangkau lebih banyak pengunjung mancanegara. Semoga itu artinya pendapatan WordAds turut meningkat.

Memperkaya blog ini dengan konten berupa tulisan tidak akan berubah. Opini pribadi yang super duper subyektif tidak akan ditinggalkan. Bedanya sekarang adalah akan ada tulisan tentang banyak hal yang sedang ramai dibahas. Itu bisa juga termasuk mewartakan semua berita lokal, regional atau nasional. Terakhir, inspirasinya berasal dari sesama blogger. Semuanya. Blogger kondang macam IWB, TMC, serta juragan ROndO, hingga blogger yang mengaku dirinya “bocah kemarin sore” semua tak luput dari pantauan sekiranya ada yang menarik untuk diangkat. Tentu ada semacam “permisi” yang disampaikan melalui lacak balik/trackback untuk diketahui. Hal yang sama juga berlaku untuk gambar yang dipinjam. Akan ada kredit tertulis untuk menyatakan siapa pemiliknya.

Titik balik ini mungkin ada banyak yang dapat diajukan sebagai alasan latar belakangnya. Tapi mungkin yang paling dominan adalah celetukan yang pernah dilontarkan administrator soal blogodolar. Setelah googling sendiri, tulisan yang berhasil diunduh dari blog tersebut cukup menginspirasi untuk semakin menyempurnakan kegiatan ngeblog. Hasrat untuk diundang pabrikan secara rutin tentu bukanlah perasaan yang dapat disangkal, tapi rasanya kalau blog ini mayoritas disajikan dalam bahasa Inggris, tak banyak pengunjung di negeri ini yang tertarik berkunjung sehingga berimbas pada keengganan pabrikan untuk melayangkan undangan. Lagipula kalau itu yang diutamakan, bisa-bisa titik balik revolusioner ini malah mandheg di tengah jalan. Baru terbit beberapa artikel setelah artikel ke-999 ini, semangat itu sudah padam duluan karena niat yang berbelok tadi.

Semoga konsistensi terus menebal dalam membantu memperkaya blog ini dengan tulisan. Semoga blog tidak akan lagi mengalami kevakuman begitu lama seperti sebelumnya. Karena pikiran tidak bisa dikekang.

Advertisements
This entry was posted in Transisi on by .

About ardot

Arif Rakhman (a.k.a ardaisme) is an English-Indonesian translator, capable of handling up to 5000 words a day on various topics and fields of interest. Shall you have urgency in translation, he can be contacted at saya@arifdadot.com for further discussion.

your comment here

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s