Salah kaprah tentang poin penalti Rossi pasca insiden #SepangClash

Karena dianggap merugikan Marc Marquez, Valentino Rossi akhirnya diputuskan dikenakan poin penalti. Itu menyusul aksinya yang terlihat menendang Marquez saat keduanya terlihat begitu rapat dalam pertarungan di Sepang, yang belakangan dikenal sebagai #SepangClash. Meskipun poin penalti sendiri sudah lama diumumkan MotoGP sebagai aturan baru, masih banyak pihak yang disayangkan salah memahami mekanisme ini.

Valentino Rossi battles with Marc Marquez in Sepang Malaysia 2015

Valentino Rossi bertarung dengan Marc Marquez di Sepang Malaysia 2015

baca juga 

Mereka terjebak dalam penggunaan istilah “penalti” setelah kata “poin” yang berarti pengurangan poin pembalap bersangkutan di klasemen. Faktanya, poin Rossi sedikitpun tidak diutak-atik, tetap sama sebelum dan sesudah balapan di Sepang (selain karena memang dia dapat poin saat balapan). Poin penalti hanya berlaku apabila telah mencapai jumlah tertentu. Apabila baru mendapat 1-3 poin, percayalah, itu tidak berdampak apapun pada si pembalap di musim berjalan. Ini adalah salah kaprah pertama.

baca juga 

Miskonsepsi atau salah kaprah yang kedua adalah soal efek dari poin penalti tadi. Masih banyak yang menuliskan kalau setelah disanksi dengan poin penalti di #SepangClash, Rossi langsung bakal membalap dari urutan paling akhir di balapan selanjutnya (dalam hal ini sekaligus balapan terakhir adalah Valencia). Di Sepang sendiri, Rossi diganjar 3 poin penalti. 3 poin penalti ini, sekali lagi, dan demi Tuhan — biar dramatis — tidak berdampak apapun bagi balapan Rossi.

Tapi mengapa jenis hukumannya adalah balapan di posisi terakhir di balapan selanjutnya? Itu karena total poin penalti Rossi adalah 4 poin pasca kejadian #SepangClash setelah sebelumnya di Misano mendapat satu poin penalti (silakan googling sendiri). Jadi, menurut aturan MotoGP mendapat 1-3 poin penalti tidak berdampak apapun pada pembalap, pada timnya, pada keluarganya pada penggemarnya XD Setelah mendapat 4 poin penalti, 7 poin penalti start dari pit lane, dan 10 poin penalti diskualifikasi.

baca juga 

Jadi berhentilah menulis atau berpikir kalau poinnya Rossi di klasemen dikurangi sebanyak tiga poin sehingga selisihnya terpangkas dengan Jorge Lorenzo.

Advertisements

5 comments on “Salah kaprah tentang poin penalti Rossi pasca insiden #SepangClash

  1. Pingback: Dorna perlakukan Valentino Rossi dengan berkaca pada all new CB150 Street Fire | ArDa New[s]Blog

  2. Pingback: Yakin pembalap Italia bakal buka jalan buat Rossi? Atau cuma elu doang yang mikir gitu? Baca ini dulu tong! | ArDa New[s]Blog

  3. Pingback: Keputusan CAS yang kocak nan koplak terhadap banding Rossi | ArDa New[s]Blog

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s