Contohlah James McClean dalam mempertahankan pendirian

James McClean tidaklah sepopuler Rossi. Prestasinya di lapangan hijau sebagai pesepakbola pun kalah mentereng dibandingkan Steven Gerrard sekalipun, meskipun yang pertama berlaga di English Premier League dan yang terakhir melanjutkan karirnya dari Liverpool ke Major League Soccer di Amerika Serikat sono. Tapi kalau bicara soal kontroversi, McClean tidak kalah dengan pamor keduanya dalam menyedot perhatian publik.

James McClean yang saat itu masih membela Wigan Athletic, menolak jerseynya dipasang bunga poppy seperti yang tampak di jersey rekannya di belakangnya

James McClean yang saat itu masih membela Wigan Athletic, menolak jerseynya dipasang bunga poppy seperti yang tampak di jersey rekannya di belakangnya

McClean, yang musim ini membela West Bromwich Albion sudah dua kali menolak jerseynya dipasang renda bunga Poppy. Bunga poppy sendiri adalah simbol mengenang para pahlawan Inggris Raya yang gugur di setiap pertempuran di masa dahulu. Bunga poppy dikenakan dalam Remembrance Day, semacam hari mengenang para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dalam lagu Mengheningkan Cipta. Remembrance Day sendiri diperingati secara di semua negara anggota persemakmuran Inggris.

Mengapa McClean menolak jerseynya dipasangi renda bunga Poppy? Menurutnya, ia tidak mau memasang bunga yang mewakili semua konflik yang melibatkan atau ditimbulkan Inggris Raya. Lebih lanjut, pendiriannya ini juga karena ia kelahiran Derry, Republik Irlandia, sebuah kota yang pernah menjadi korban keganasan tentara Britania Raya di 1972, dikenal sebagai Bloody Sunday.

Aksi McClean ini didukung penuh oleh pelatihnya, Tony Pulis yang berdalih bahwa semua orang bebas berpendapat di tanah Inggris. Meskipun demikian, fans WBA sendiri mengecam aksi McClean sebagai tindakan yang tidak menghormati para pahlawan. Tapi menurut McClean, ia tidak bermaksud demikian.

Ini bukan kali pertama ulah McClean dianggap menghina tanah Inggris. Saat WBA mengadakan latihan pra-musim di Amerika Serikat, McClean kedapatan menyampingi bendera Inggris saat lagu kebangsaan God Save The Queen dinyanyikan.

Advertisements

One comment on “Contohlah James McClean dalam mempertahankan pendirian

  1. Pingback: Orang barat juga sibuk urus tetek-bengek. Ini buktinya coba baca dulu! | ArDa New[s]Blog

Comments are closed.