Aside

Di awal kemunculannya, skutik langsung disukai karena praktis dan tidak melelahkan. Sayangnya, kelemahannya adalah lebih boros dari motor bebek maupun motor sport. Namun karena permintaan skutik yang terus meningkat hingga menggilas pangsa pasar motor bebek yang sempat jadi primadona, peningkatan efisiensi BBM pada skutik terus dilakukan.

Suzuki Avenis

Suzuki Avenis

Kini skutik pun tak kalah irit dari motor bebek yang terus memudar popularitasnya. Lima model skutik berikut telah dibuktikan sebagai skutik yang paling irit di kelasnya masing-masing. Apa saja kelima model skutik tersebut? Mari kita simak bersama :mrgreen:

1. Suzuki Address standar
Suzuki Address standar pertama kali dirilis di Indonesia di kuartal terakhir 2014. Hadir dalam dua corak warna, merah-hitam dan biru-hitam, Suzuki Address langsung menggebrak dengan konsumsi BBM yang mencengangkan. Dalam lomba adu irit Suzuki Address, TMCBlog sebagai salah pesertanya berhasil membukukan jarak 72 km untuk seliter pertamax (sendirian tanpa berboncengan).

Suzuki Address standar ditawarkan seharga 13,890 juta OTR Jakarta

2. Suzuki Address edisi MotoGP
Berlanjut ke model skutik teririt kedua, Suzuki Address edisi MotoGP ini tidak berarti tenaganya terdongkrak seperti motor MotoGP. Dengan kata lain, iritnya tidak beda jauh. Dalam salah satu pengujian, Suzuki Address model ini bisa membukukan jarak 61 km untuk seliter pertamax saat ditunggangi pengendara berbobot 120 kg. Video Suzuki Address Edisi MotoGP dapat dilihat berikut ini:

Suzuki Address edisi MotoGP dibandrol seharga 14,440 juta OTR Jakarta.

3. Suzuki Address velg putih
Velg Suzuki Address model ini yang berkelir putih tidak berhubungan dengan peningkatan performa. Suzuki Address model ini masih sama nyamannya dan tangguhnya dalam ergonomi dan membelah kemacetan jalan raya. Hasil pengujian yang dilakukan TMCBlog membukukan jarak 68,6 km untuk seliter premium.

Suzuki Address brilliant white dengan velg putih dan font Address yang berbeda

Suzuki Address brilliant white dengan velg putih dan font Address yang berbeda

Untuk harga resminya, sepertinya tidak berselisih jauh dengan Dua model skutik sebelumnya.

4. Suzuki Address R-series
Meskipun mengusung nama yang mirip dengan lini motorsport Yamaha, model skutik ini masih tetap mengunggulkan keiritan BBM yang sungguh luar biasa. Jika mengendarai model skutik ini, seliter pertamax dapat digunakan untuk menempuh jarak 93,9 km! (namun tidak disebutkan jenis bahan bakar yang digunakan).

tiga pilihan warna Suzuki Address R-series: merah, putih dan biru kredit: nzahry.wordpress.com

tiga pilihan warna Suzuki Address R-series: merah, putih dan biru
kredit: nzahry.wordpress.com

Menurut om Kobay, skutik ini dibandrol sebesar 14,870 juta OTR Jakarta

5. Suzuki Address Elegant
Inilah pilihan terakhir dalam daftar lima skutik paling irit. Address elegant dirilis oleh perusahaan induknya sebagai respons terhadap permintaan pasar yang begitu antusias terhadap skema warna ini. Tak hanya warna polos yang malah menampilkan kemewahan tersembunyi, Address elegant ternyata telah dilengkapi alarm, juga alas untuk pasang box.

Suzuki Address elegant,  credit: sugimasihada.com

Suzuki Address elegant,
credit: sugimasihada.com

Iritnya ternyata masih tetap sama, seliter bahan bakar (coba saja premium atau pertamax) dapat melahap jarak hingga 50 km dalam kondisi bermacet-macet. Di Malang, Address elegant ini dibandrol 16,5 juta, tentu belum termasuk diskon cashback!

 

 

Lima model skutik ini bakal bikin kamu makin jarang mampir SPBU

Advertisements