Tu7uh Misteri Tak Terpecahkan Dari Lagu “Hati Yang Luka”

arifdadot.com – Generasi ’90 pasti terbiasa dengan lagu Hati Yang Luka. Meskipun tidak sampai level suka, setidaknya mereka pernah mendengarkan. Jadi kalau diputar lagi, harusnya mereka langsung ngeh. Apalagi suara Betharia Sonata yang khas mendayu-dayu, tentu mudah mengingatnya. Di balik melodi dan suara yang melankolis, ternyata tak banyak yang tahu kalau lagu Hati Yang Luka itu menyimpan segudang misteri.

Bahkan mereka yang hafal liriknya pun tidak sadar bahwa ada misteri yang disembunyikan saat mereka menyanyikannya. Lagu-lagu zaman dulu memang terkenal sering dijadikan alat untuk menyembunyikan misteri agar tak banyak diketahui orang. Lalu misteri apa saja yang disembunyikan di balik lagu Hati Yang Luka? Silakan simak upaya pemecahannya yang dilakukan per bait.

1. Infotainment belum ada

Pewarta infotainment saat ini terkenal paling jago dalam mendapat kabar para artis. Terkadang mereka sudah seperti peramal saja. Bikin rumor artis A retak rumah tangganya, ternyata besoknya si artis sudah cerai beneran. Tapi Betharia Sonata yang berkali-kali mengalami kekerasan seperti lirik pembuka lagu Hati Yang Luka ternyata tidak pernah diberitakan.

berulang kali aku mencoba
s’lalu untuk mengalah
demi keutuhan kita berdua
walau kadang sakit

Selain infotainment, isu emansipasi wanita juga belum ramai. Komnas Perempuan berarti belum dibentuk. Buktinya tidak ada aktivis perempuan yang sibuk bela Betharia Sonata atas kekerasan yang dialaminya.

2. Atlet bulutangkis/tenis/squash?

Coba lihat lirik selanjutnya

Lihatlah tanda merah di pipi
bekas gambar tanganmu
sering kau lakukan
bila kau marah menutupi salahmu

Jelas Betharia Sonata ditampar dalam hal ini. Begitu kerasnya sampai tampak bekas tamparan di pipinya. Misteriusnya, apakah si suami atlet ayun raket? Soalnya hanya atlet ayun raket saja yang punya kemampuan mengayunkan tangan begitu cepat dan bertenaga sehingga meninggalkan cap di pipi Betharia Sonata. Kecil kemungkinannya kalau si suami atlet bola voli mengingat menampar itu gerakan tangannya horizontal, sementara ayunan smash pebola voli itu dari atas ke bawah. Meskipun demikian, profesi si suami tetap masih jadi misteri.

3. Burung hobi yang lagi ngetren di ’80an

Advertisements

One comment on “Tu7uh Misteri Tak Terpecahkan Dari Lagu “Hati Yang Luka”

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s